Passion Style :)

untuk kata Passion, kalian pasti sering banget dengar bukan ?
mungkin lebih sederhana nya passion itu sendiri adalah kemampuan seseorang di bidang tertentu yang sangat ia senangi hingga ia menemukan 'sesuatu' disana bahkan seluruh hidupnya berkembang dari sana .

tapi jikalau kita telisik lebih intens lagi dari kata Yunani bahwa Passion  πάσχω (paskho) berarti menderita atau menanggung. Kata ini digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang kuat terhadap orang atau sesuatu. Passion merupakan emosi yang melibatkan perasaan, antusiasme, atau keinginan yang kuat dan dalam akan sesuatu.

Itu sebabnya kita sering mendengar atau membaca beragam pernyataan orang tentang passion mereka yang meskipun mereka baik dan berprestasi di suatu bidang, namun akhirnya mereka memilih bidang pekerjaan lain. Misalnya, seorang bekas manager bank yang baru saja membuka sebuah bengkel Auto services  dan terlibat dalam operasionalnya mengatakan “passion saya adalah otomotif, saya suka hal teknis yang membutuhkan lebih banyak gerakan fisik.”

tapi bagaimana kah seseorang bisa mengetahui passionnya? saya sendiri menyukai berbagai hal atau hobi.
dari mulai menulis, menyanyi, jalan-jalan dan interested terhadap dunia broadcasting ataupun komunikasi tapi malah kuliah di dunia yang tak berhubungan sama sekali dengan yang saya sukai - ini adalah harapan orangtua, dan saya memilih menekuni bidang kuliah saya karena bukti bakti kepada papa dan mama dan juga menjalani profesi yang saya senangi .

apakah bisa keduanya maju ? 

 tentu bisa! tapii .. ada yang sering di korbankan . 

seseorang pernah mengatakan :

jika kamu ingin sukses - fokuslah pada bidang yang paling kamu senangi, hiduplah dengan jiwa mu disana' 

 itu lah yang akhirnya membuat saya terasa gontai dalam melangkam tapi saya tidak akan menyerah. hidup terlalu singkat untuk di keluhkan, bukan ?

lanjut lagi, pastinya begitu banyak kisah yang sebenarnya banyak terjadi di sekeliling kita, karena ulah si 'passion' ini lah yang tidak kita temukan sejak dini ..

passion itu penting, maka kita perlu menemukannya, lebih tepatnya mengetahui hal-hal apa yang membuat kita langsung berenergi, fokus, bahkan jika tidak diminta pun kita senang mengerjakannya.
Dalam bukunya Quantum Life Transformation, Adi W. Gunawan mengemukakan cara untuk mengetahui passion, dengan mengetahui ciri-ciri tertentu, diantaranya;

  • Kita menyukai aktivitas/pekerjaan tertentu
  • Kita menikmati aktivitas/pekerjaan tersebut
  • Kita mau melakukan aktivitas/pekerjaan tersebut meskipun tidak dibayar
  • Kita  merasa mudah melakukakannya, sedangkan orang lain merasa sulit
  • Semakin sering melakukannya, kita semakin baik di bidang tersebut
  • Kita mendapat pujian karena melakukannya
  • Kita selalu bersemangat saat membicarakan aktivitas/pekerjaan tersebut
  • Kita fokus pada aktivitas/pekerjaan tersebut
  • Kita belajar mengembangkan diri di bidang aktivitas/pekerjaan tersebut
  • Kita sering lupa waktu saat melakukannya karena begitu senang dan asyik
  • Kita merasa puas dan bangg saat melakukannya
  • Kita mudah mempengaruhi orang dalam bidang aktivitas/pekerjaan tersebut
Passion bersifat personal dan bermakna, yang memiliki muatan emosi positif yang sangat kuat. Selanjutnya, muata emosi positif inilah yang berfungsi sebagai booster atau pendorong dalam membangkitkan motivasi sehingga kita akan lebih terpacu dalam bekerja atau melakukan aktivitas yang berhubungan dengan passion kita.


apalagi buat adik-adik yang telah lulus SMA , tidaklah mudah memang menemukan passion - tapi setidaknya kamu bisa tanya keluarga, teman, guru, lihat nilai rapor - nilai mana yang paling tinggi dan paling kece adalah tanya pada hati kecilmu .


:)
salam
#Ririn Ar. Munawarah

Tidak ada komentar