Ikan Gede Di Kolam Tersembunyi Di Tangerang Selatan!


Semenjak gue memposting ikan besar di instagram kemarin, orang-orang semakin banyak yang penasaran bahkan sampai DM (Direct Message) ke  gue menanyakan tentang dimana lokasi untuk melihat ikan ini. Lalu ikan seperti apa sih yang gue tunjukin di instagram ? 

Ikan itu adalah IKAN GABUS BRAZIL atau lebih di kenal dengan nama ikan Arapaima Gigas  (GABUS BRASIL). Bayangin aja, kok bisa sih ada ikan sebesar itu di kolam tangsel. Siapa yang bawa? Hhaa. Jadi, hasil dari kroscek gue sama bapak-bapak yang sudah menetap dirumah yang  berdekatan dengan kolam ini mengatakan kalau ikan ini adalah milik seorang pengusaha keturunan China, ikan ini ia bawa dari saat ukurannya masih kecil  saat tahun 1995. Karena ikannya semakin lama-semakin besar, si bapak sudah tidak memiliki tempat yang cukup untuk menampung ikan dirumahnya, dan kebetulan (tidak ada yang kebetulan didunia ini sih, hhe) si bapak memiliki sebidang tanah yang sekarang menjadi lokasi ikan ini, maka ia membuat kolam buatan untuk menampung 5 ekor ikan Arapaima raksasanya. Kalau dihitung-hitung usia ikan ini sudah hampir 20 tahunan ya. Ruar Biasa. 

Oke, gue langsung searching mengenai ikan ini. Ikan Arapaima (Arapaima gigas) dikenal dengan nama Pirarucu di Brazil dan Paiche di Peru. Ternyata, hewan ini merupakan ikan warisan jaman purba yang tidak mengalami evolusi dan belum punah. Sebenarnya Arapaima ini memang satu keluarga dengan ikan arwana yaitu famili Osteoglossidae atau ikan berlidah tulang. Tapi walaupun masih satu keluarga dengan arwana, di habitat aslinya anak-anak arwana justru menjadi makanan favorit Arapaima.
Lalu apa sih istimewanya ikan ini? Jelas sekali kalau ikan ini sangat istimewa, selain merupakan ikan warisan jaman purba yang masih hidup hingga sekarang, ikan ini memiliki panjang dari 1,50 meter hingga 5,57 meter dengan berat bisa mencapai 100 kg! waw! Bayangin kalau di Gulai, bisa makan satu kampung kan?! Hhe :P


Jika kalian lihat, kepala ikan arwana mirip dengan ikan kepala Arapaima ini, yakni bulat lonjong seperti torpedo. Bentuk tubuhnya itu gepeng di bagian depan, lonjong di bagian tengah dan ekornya pipih. Sisiknya lebar-lebar dan tebal menyerupai lempengan logam yang berkilau. Ikan ini ternyata sangat menyenangi daerah perairan yang gelap dan mampu bertahan hidup di perairan yang kadar oksigennya rendah, pasalnya ikan ini memiliki gelembung udara yang berguna untuk membantu proses pernafasan. oleh karena itu,  ikan ini harus muncul di permukaan air setiap 5-20 menit sekali untuk menghirup udara tergantung ukurannya, kalau yang muda, biasanya muncul di permukaan setiap 5 menit sekali, sedangkan yang dewasa muncul setiap 15-20 menit sekali. 

Keren yaaa….

Lalu makan ikan ini apa? Ikan Arapaima ini adalah predator yang berada di puncak rantai makanan di habitatnya. Sifat makannya adalah KARNIVORA. Ikan ini memakan ikan-ikan kecil, crustacean (udang, kepiting, lobster) dan hewan-hewan darat disekitar sungai yang bisa diburu terutama burung, keren banget ih. tapi, kalau ada pengunjung yang juga sedang melihat ikan raksasa ini,  gue lebih sering lihat mereka memberi makan roti dan bodohnya gue ikutan juga hhe. tetapi sebelumnya memang gue tanya sama bapak informan tadi mengenai pemberian roti untuk makan ikan dan kata beliau tidak apa-apa, buktinya 20 tahun masih hidup. hahahah. seraaah - 
Kalian penasaran engga? Nah. Karena gue gak bisa memotret secara jelas bentuk ikan ini karena kondisi ikan yang terendam air dan kameranya juga kurang bagus. uhuk.jadi gue memutuskan untuk ambil di internet yang sangat sama persis. Begini nih :



kalian juga bisa lihat video ikan ini ketika gue lagi memberi makan, makannya roti tawar .hhha
----

Lalu bagi kalian warga tangsel atau warga mana aja deh yang penasaran sama ikan ini, kalian tinggal datang ke :

JALAN MASJID AL-LATIF, KELURAHAN KADEMANGAN, KECAMATAN SETU
SERPONG, TANGERANG SELATAN

Jangan lupa membawa ikan kecil atau roti yaaa, tujuannya biar kalian bisa lihat ikan ini lebih dekat sambil memberi makan.

THANK YOU UDAH BACA :) 


 


Tidak ada komentar