Jadi anak Nongkrong di Bontang Kuala, Bontang


Hai, apa kabar pembaca? Hhe. Sudah lama sekali saya tidak menulis di blog yang kusam ini. Iya! Mungkin saya mengalami masa turun dalam menulis. Hal tersebut bukan hanya karena suasana hati dan kondisi fisik yang lelah. Tetapi, salah satunya adalah tiada inspirasi. Banyak penulis mendapatkan inspirasi menulis setelah nongkrong di warung kopi dan meminum segelas kopi  disana. Tapi ternyata aku tidak demikian.  (ok-skip).

Kali ini mau menulis sebuah tempat yang baru saja dikunjungi. Sebuah tempat unik di Bontang, Kalimantan Timur yang bernama Bontang Kuala. 

Bontang Kuala adalah salah satu kelurahan di kecamatan Bontang Utara yang merupakan desa nelayan yang sekarang menjadi obyek wisata andalan kota Bontang di Kalimantan Timur. Hal yang berbeda dari Bontang Kuala ini adalah tatanan desa nelayan ini yang tertata apik. 

Bagi kalian yang mau mengunjungi  tempat ini, lebih baik menggunakan motor. Sebab lokasi dari gerbang menuju tempat nongkrongnya relatif jauh. Tapi bagaimanakah jika kamu ingin mengendarai mobil pribadi? Mobil hanya bisa digunakan sampai gerbang pemukiman dan hanya boleh parkir di tempat yang telah disediakan. Jadi, kamu harus berjalan kaki mengeliling Bontang Kuala.

Sebenarnya menurut saya, berjalan kaki di Bontang Kuala ini lebih seru ketimbang naik kendaraan. Kondisi tempat yang unik, suasana yang bersih dan rapih membuat jalan-jalan lebih terasa lebih santai dan menyenangkan. 


Hasil gambar untuk bontang kuala 

Setelah melewati gerbang "Selamat Datang di Bontang Kuala, kalian akan disajikan dengan tatanan pohon mangrove disekelilingnya.  Lalu, sampailah kita di Pemukiman pendudukan Bontang Kuala.

 Hasil gambar untuk bontang kuala




Hasil gambar untuk bontang kuala

Memasuki pemukiman nelayan disini, kalian akan melewati jalanan dari kayu atau fondasi dari kayu, getaran kayu disini sangat terasa karena beberapa paku yang merekatnya banyak yang sudah terlepas. tetapi, masih aman untuk dilewati. Malah. bisa mendapati sensasi yang lain. sensasi takut nyebur. hhaha.


Hasil gambar untuk bontang kuala


Sesampainya di tempat yang asik untuk duduk-duduk sore di Bontang ini, kita bisa sambil menikmati makanan yang di jajakan disini. berbagai makanan dan minuman yang bisa menemani bersantai bersama dengan teman-teman atau keluarga. Salah satu makanan yang dapat kalian nikmati disini adalah makanan Khas Bontang, yaitu Bawis Gami. Bawis sendiri adalah ikan khas yang hanya hidup di Laut Bontang dan Gami sendiri berarti sambal yang disajikan di cobek semacam bentuk Hot pLate. seru kan? hhha.

 Hasil gambar untuk makanan khas bontang

Sebenarnya, tidak hanya meyajikan bawis gami, tetapi ada makanan laut lain seperti cumi, udang dsb yang disajikan dengan gami. Rasanya? enak! aku suka. Sebenernya ada lagi makanan yang ringan disini, seperti gorengan, pentol goreng, kue basah, sate siput dsb. Harganya terjangkau juga.

OH iya! bagi kamu yang mau mengunjung Bontang Kuala. Saya menyarankan untuk datang ke Bontang Kuala ini pada sore hari. Kenapa? Karena kalian bisa menikmati angin sore dan suasana laut yang tenang sambil menunggu senja disini. Senja di sini gak bohong bagusnya.
 Gambar terkait

 Gambar terkait
Setelah  itu jangan lupa melaksanakan kewajiban ibadah yaitu Sholat Magrib. Kamu bisa langsung sholat Magrib di salah satu masjid tertua di Bontang Kuala ini.


 Hasil gambar untuk bontang kuala

Bagaimana? seru ya! nongkrong di tempat ini. gpp kan? sekali kali aku jadi anak Gahoel Bontang!.
ok. Thanks ya :)

Tidak ada komentar