Pulau Beras Basah, Pulau Kecil Yang Mempesona Di Bontang, Kalimantan Timur.


Jika singgah di Bontang, Kalimantan Timur tak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke salah satu pulau kecil disini. Pulau ini cukup tenar di Bontang dan sering menjadi rekomendasi penduduk lokal kepada para wisatawan yang sedang berkunjung. 


Pulau cantik ini menawarkan banyak keelokannya seperti air laut yang sangat bersih dan jernih, juga terdapat mecusuar yang menjulang tinggi yang berfungsi sebagai navigasi para kapal yang berlayar dan serta panorama dalam laut yang menawan. 
 
dikutip dari procol.co (Pulau Beras basah dari atas)
Kita mulai dulu darimana cerita muasalnya hingga dinamakan Pulau Beras Basah? Apakah ada beras didalam pasirnya? Seperti yang saya kutip dari Wikipedia.org  bahwa dinamakan Pulau Beras basah sendiri dikarenakan konon terdapat kapal milik Kesultanan Kutai yang sedang berlayar di selat Makasar. Kapal tersebut membawa bahan pangan yang diantaranya adalah beras. Kapal tersebut tiba-tiba karam dan menumpahkan bawaannya. Perairan tempat kapal karam tersebut ternyata tidak dalam alias dangkal sehingga bawaan kapal berupa beras tersebut tidak tenggelam melainkan muncul sebagian berwujud menyerupai gundukan pasir. Lama-kelamaan gundukan beras tersebut berubah menjadi pulau berpasir putih seperti beras yang selalu basah di kelilingi oleh lautan. Maka itulah yang menyebabkan banyak yang mengira terdapat beras di dalam pasirnya. Tetapi, kemarin saat saya cari didalam pasirnya apakah ada beras (hhe) ternyata, tidak ada tuh. Memang pasirnya putih menyerupai beras ( Iyaih aja).

patrick!

santai


Bidadari lagi mandi (bodo ahh)


Lalu bagaimana jika kamu ingin berkunjung kesini? Jika kamu ingin berkunjung kesini, banyak akses yang dapat ditempuh yaitu bisa melalui dermaga Badak NGL dengan menggunakan speed Boat yang hanya memakan waktu kurang lebih 15 menit. Kemarin saat saya berkunjung ke Pulau beras basah ini, kami menggunakan akses alternatif melalui Dermaga Tanjung Limau dan Tanjung Laut Kota Bontang dengan menggunakan Kapal kecil bermesin yang memiliki waktu tempuh kurang lebih satu jam. Kapal juga dapat kalian sewa dengan harga 600ribu/Kapal. 

Dermaga Tanjung Limau

keep ur fav. seat on the Boat!
 
didalam kapal nelayan






 
kapalnya!





 
dermaga Pulau Beras Basah





Pertama kali jika kamu menginjakkan kaki di Pulau ini, kita akan melihat banyak warung-warung kecil yang menjual makanan-makanan, terdapat semacam saung atau tenda-tenda yang bisa kamu sewa untuk berpiknik. Semua itu tetap ya. Harus Bayar. Terdapat Mushola juga disini. lengkap dan nyaman untuk kamu yang ingin bersantai bersama keluarga. 

buzzer.com

Seperti yang sudah saya katakan bahwa salah satu daya tarik pulau ini bahwa terdapat mercusuar yang menjulang tinggi. Pantai  di beras basah ini masih terbilang sangat bersih dan banyak juga rerimbunan pohon-pohon  bakau dengan berbagai ekosistem didalamnya. 



Hal lain yang harus di perhatikan bagi kamu yang akan berkunjung ke Pulau Beras Basah ini yaitu kamu harus memperhatikan perbekalan yang cukup untuk berkunjung disini, Walaupun terdapat banyak warung tetapi lebih enak bisa membawa perbekalan sendiri dan jangan lupa untuk perhatikan sampah, jangan buang sampah sembarangan. Kalau bisa dibawa pulang lagi. Satu lagi, karena tidak adanya akses air bersih, bagi kamu yang setelah berenang ingin mandi atau bilas, kamu harus membeli 1 dirigen air yang dihargai 5 ribu rupiah. Sebab air itu sendiri di bawa dari Dermaga yang masih bisa akses air bersih. 

Bisa Main speed boat.


Bersihnya

Bagaimana? Pulau ini bisa loh jadi tempat wisata yang favorit warga Bontang. Asal tetap ya! Harus jaga kebersihan Pulau ini. 

Thanks, Ririn  :)

Tidak ada komentar