Nasihat yang HARUS diucapkan ke diri sendiri!

Menjadi manusia normal ditengah hiruk pikuk ke abnormalan manusia lain kadang penuh tantangan sendiri untuk kamu. Kamu tidak bisa terus-menerus berada kondisi stabil, pasti kadang atau bahkan selalu berada pada kondisi "menghimpit" dan "mencekam". Maka, pentingnya punya kekuatan-kekuatan sendiri untuk terus bisa menyemangati diri dan terus bisa menjadi "normal" dari kepenatan.

*Lima nasihat ini selalu aku katakan pada diriku sendiri :

1. Hidup itu bukan perlombaan!

Lelah sekali jika tanpa sadari membandingkan diri kita dan kondisi hidup kita dengan orang lain. Bahkan terus-terusan ingin menjadi nomer satu dalam segala hal. Kadang hal itulah yang membuat kita hanya melihat garis akhir tanpa peduli hal-hal kecil apa yang sedang terjadi di sekeliling kita.

Tidak penting seberapa cepat kita sampai di garis akhir, yang penting bagaimana sebuah perjalanan itu sendiri. Bagaimana kamu menikmatinya. Tak soal seberapa kamu berlari lambat atau cepat, yang penting kita terus maju, kita tahu progres apa yang kita alami walaupun hanya seujung jari. Sebab, hidup bukanlan sebuah perlombaan yang menuntut kita terus menjadi pemenang dari oranglain.

2. Masalah apapun bisa kita selesaikan dengan POLA PIKIR kita saja!

Mungkin masalah yang kita hadapi, tidak semua bisa diselesaikan dengan mudah. Kita tidak bisa menyelesaikan segalanya dalam waktu hari ini, tetapi kita bisa merubah segala nya dari pola pikir hari ini.

Hal yang perlu kita ingat adalah kita tidak bisa mengontrol apa yang yang terjadi pada kita, kita hanya bisa mengontrol bagaimana kita telah mampu merespon hal yang telah terjadi itu.

3. Waktu akan menyembuhkan SEGALAnya!

Kadang, segala kesedihan yang kita curhatkan pada oranglain, terkadang hanya ditanggapi untuk meminta kita bersabar. Maka, benar saja. Bersabarlah. Sakit hati dan kesedihan itu suatu saat pasti akan pudar, Kesalahan itu akan dimaafkan, keburukan mungkin akan dilupakan dan hati akan menemukan kedamaian sendiri. sebab apa? sebab waktu yang melakukannya.

4. Jangan merasa sendiri!

Suatu hal yang harus kita INGAT, adalah KAMU TIDAK PERNAH SENDIRIAN!  Kamu tahu kalau kamu punya banyak teman yang bisa diandalkan dalam kondisi apapun. Setiap orang punya masalah dan beban masing-masing tetapi dengan bersama oranglain kamu akan miliki kekuatan-kekuatan baru.

5. Kerja Bagus buat kamu!

Kamu pasti selalu berusaha keras untuk mendapati apapun, walau terkadang hasil yang didapat mendatangkan kekecewaan. Tetapi, jangan pernah hukum dirimu untuk hal-hal yang bukan karena usahamu. Pujian untuk diri sendiri itu harus terus dilakukan.

Jangan pernah merasa marah pada kegagalan. Gagal itu pasti dialami, tapi caramulah yang mengendalikannya. Dan jika sampai saat ini saja kalau kamu masih berjuang, kamu pantas memberi pujian pada dirimu sendiri !

Tidak ada komentar