Car Free Day (CFD) di Dago, Bandung

Car Free Day (CFD) atau hari dimana jalanan bebas dari kendaraan bermotor sudah banyak di lakukan di berbagai kota atau daerah di Indonesia. Hal ini untuk mendukung Semangat dari “CFD” itu sendiri yaitu tinggalkan kendaraan bermotor dirumah dan berjalan kakilah atau gunakan kendaraan tidak bermotor ataupun menggunakan kendaraan umum untuk perjalanan panjang.

Minggu lalu, saya sempat berjalan-jalan di lokasi Car Free Day, Bandung. Sembari menikmati udara Segar disana dan bergabung melihat kegiatan yang di lakukan warga Bandung. Seru sekali.

Car Free Day Bandung sendiri diadakan di hari Minggu sepanjang jalan Ir. H. Juanda dari Dago bawah, persis di bawah jalan layang Pasupati sampai Dago atas pertigaan Jl. Ir. H. Juanda dan Jl. Dayang Sumbi. Aktivitas kendaraan bermotor haram lewat CFD Dago dari jam 06.00-10.00 WIB.

Image result for CFD DAGO
www. bandungview.com

Diarea CFD Dago tentu tidak boleh parkir mobil atau motor. Saya sendiri kemarin menginap disalah satu Hotel di Dago atas harus ngangkot dulu turun di pasar dan berjalan menuju area CFD. Udara pagi sangat segar jadi, rasanya berjalan-jalan sangatlah menyenangkan.



Image result for CFD DAGO

Daya tarik CFD Dago membuat banyak warga yang menghabiskan minggu paginya di sini, kesempatan ini tidak dilewatkan begitu saja oleh warga, para pedagang atau pemilik usaha di Bandung. Mereka beramai-ramai menjajakan dagangannya. Walaupun di pikir-pikir kalau terlalu banyak pedagang jadi mirip di Gasibu ya?. 

Saya dan kawan saya menikmaati CFD ini dengan berjalan kaki, dari Bawah ke atas terus kebawah lagi dan ke atas lagi untuk pulang. Jadi, lumayan untuk membakar lemak-lemak manja walapun sebenarnya engga kebakar juga, kan abis jalan terus kulineran. hhe. 

Seperti ini nih, saya menemukan makanan yang sudah lama tidak saya temui di Serpong. Pas banget lagi ngidam, eh ketemu abangnya. Ya, langsung saja kita "hajar". 

Abang kemana aja? 


Kembang gehu, RINDU! (Rp. 10.000)

Kalau kebetulan kamu sendirian, kamu bisa gabung kegiatan-kegiatan disini. Menariknya, kegiatan disini seru-seru sekali, ramai dan dinamis. Jadi kamu mau jalan dari bawah ke atas, lalu turun lagi,  terus naik lagi, tak akan menyurutkan rasa bosan. Aktivitas tersebut antara lain : 

1. Kamu bisa mengikuti senam aerobik disini, seru dan pasti membuat badan sehat! 

senam yuk! 
2. Menonton warga Bandung yang banyak menampilkan kesenian-kesenian daerahnnya. 








 
Modern Dance

Traditional Dance


3. Foto Bareng sama para "cosplayer" 


Superheroes

ini Cosplayer setan merah yang ramah.

Gue suka ini! 
4. Mendukung mahasiswa atau warga lainnya yang mempromosikan kegiatan atau komunitasnya




Ketika warga suport penampilan tari anak down syndrom, cool! 

5. Setelah lelah berolahraga, selain kamu bisa juga belanja-belanja, jangan lupa isi perut (LA-GI) !

Kupat tahu Bandung 
Jus Mangga kekinian



Menjelang pukul 10.00 akhir dari CFD Dago, petugas kebersihan mulai membersihkan sampah-sampah yang banyak di tingalkan pengunjung. tetapi, memang tidak terlalu kotor. Banyak tempat sampah yang tidak lagi di acuhkan. 

.......
Bagaimana? Seru ya CFD di Dago Bandung ini, semoga jadi inspirsi buat kamu atau daerah-daerahmu bahwa CFD tidak lagi cuma jadi arena jogging track tetapi kegiatan positif lainnya. 


Catatan Tambahan  : 

Dulu saya sering bertanya, kenapa sih musti ada CFD di setiap kota? Sedikit informasi dari data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Setiap kali kendaraan mengeluarkan asap, sekitar 1000 unsur beracun yang terkandung di dalamnya turut mengotori udara. Unsur-unsur beracun yang terkandung asap kendaraan seperti karbon monoksida, karbon dioksida, partikulat ozon, timbal dan sulfur dioksida yang pada akhirnya bisa menimbulkan penyakit ISPA (Infeksi Saluran pernafasan akut). Akibatnya (dulu) pada tahun 2005 banyak penderita ISPA sebanyak 125.000 orang harus di rawat inap dan lebih mengenaskan Tahun 2005 sebanyak 6000 orang meninggal karena hal tersebut.  Menyeramkan kan? 

Sekarang, kita suport CFD yuk ! 

Thanks,

Miss Ririn 


Tidak ada komentar