Tandon Ciater

Bagi warga Tangerang Selatan, wisata air sangat jarang di jumpai. Terlebih lagi dikarenakan kota ini lebih terkenal sebagai kota dengan pembangunan industri dan pusat perbelanjaannya yang terbilang pesat. Maka, ketika hadirnya Danau buatan yang lebih dikenal sebagai Tandon Ciater, tak ayal bisa dimasukan kedalam kategori wisata air yang cukup banyak digemari.

Mengenal Tandon Ciater,  rasanya tak lengkap jika tak membahas mengenai awal mula hadirnya Tandon air Ciater ini.

Tandon Ciater yang memiliki luas kurang lebih 7 hektar semula merupakan tanah kosong yang sering banjir, setelah di bebaskan oleh pemerintah kota Tangerang, Kini lahan tersebut disulap menjadi Tandon.
Landmark Tandon ciater


Tandon air

Tak tanggung-tanggung, Tandon kini di sulap dengan berbagai fasilitas antara lain; adanya fasilitas Area kemping, Jogging track, Bangunan blandongan ciri khas betawi, taman bermain dan adanya toilet serta mushollanya. Blandongan di Tandon Ciater ini disinyalir mememiliki luas 500m2 dan dikatakan sebagai Blandongan terbesar di Indonesia.

Image result for tandon ciater
blandongan

Menurut Suaratangsel.com, hasil dari wawancara dengan walikota Tangsel yaitu Airin Rachmi mengungkapkan bahwa Tandon Ciater ini dibangun dengan menggunakan dana hibah yang berasal dari Pemprov DKI Jakarta yang tujuan utamanya untuk penanganan banjir.  

Tetapi melihat fungsi lain dari itu maka di lengkapi dengan berbagai fasilitas, hal tersebut diharapkan agar dapat di gunakan oleh warga Tangsel sebagai sarana olahraga, belajar bahkan rekreasi.

kumpul keluarga

lomba mading antar SMP-SMA

Playground

memberi makan ikan 



Bagi kamu yang akan mengunjunginya, Saya punya Tips dan saran agar mengunjungi Tandon bisa aman dan nyaman, yaitu : 

1.       Karena yang area cukup luas, dan pastinya tidak afdol jika tidak berjalan kaki disini maka, jangan lupa untuk membawa minuman botol sendiri.

2.       Usahakan kalau mau datang kesini, Pagi hari atau sore hari. Cuaca masih bisa kita tolerin daripada cuaca siang hari yang panas menyengat.

3.       Bagi kamu yang membawa kendaraan bermotor, lebih baik jangan meninggalkan barang apapun di dalamnya.

4.     Kamu boleh memberi makanan ikan, disana banyak penduduk yang menjajakan makanan ikan dengan harga Rp. 1000-3000. Tetapi INGAT! Jangan membuang sampah plastiknya sembarangan. Banyak tempat sampah tersedia.  Keterlaluan kalau masih buang sampah sembarangan.

5.       Dilarang memancing di area Tandon. 


Bagaimana? Tips yang saya kasih sangat mudah kan? Masuk tandon sendiri hanya dikenakan biaya operasional dan parkir sebesar Rp. 3000/unit kendaraan. 



Selain itu, tempat ini cukup cocok untuk rekreasi anak-anak, selain terdapat playground, anak-anak bisa memberi makan ikan dan juga pada area lain juga disewakan mainan seperti mini motor cross, mini car, bahkan anak-anak bisa naik kuda sungguhan. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk bermain dengan sewaan tersebut sebesar Rp. 15.000.





Oh iya! Satu Lagi! Tandon kin sudah dibangun Food court dengan nama Food court Tandon Ciater. Setelah saya berkeliling food court, tidak ada makanan/minuman yang berbeda, semua sama seperti pada umumnya yang dapat kita temui dimana-mana. layaknya warung-warung gorengan, bakso, dan minuman berwarna lainnya. Tapi cukup untuk sekedar mengistirahatkan tubuh.

area depan foodcourt

Bagaimana? Sekiranya begitu deskripsi mengenai Tandon Ciater. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat dan bisa membantu kamu yang ingin mendatangi Tandon Ciater yang beralamat di Jalan Haji Saran, Buaran, Serpong, 500 meter dari Kementerian Agama Tangsel. 


Tidak ada komentar