Wisata ke Chinatown Bandung

Wisata Bandung seakan tidak pernah ada habisnya, selalu menghadirkan inovasi wisata dan menjadi pilihan untuk rekreasi banyak orang. Walaupun kebanyakan lebih senang pergi ke daerah Lembang atau wisata di Ciwidey, Kota Bandung sendiri selalu punya tempat di hati masyarakat untuk menghabiskan liburan panjang atau akhir pekan, sekedar berbelanja dan berwisata kuliner.  

Seperti kali ini, sebuah kampung Cina di hadirkan sungguhan seperti layaknya berada di Chinatown Malaysia. Sama dengan namanya Kampung China, tempat ini diberi nama Chinatown Bandung. 

Chinatown Bandung bertempat di Jalan Kelenteng, no. 41 dimana Area pada Chinatown ini adalah bekas Gedung perhimpunan sosial masyarakat yang memiliki luas sekitar 3000 m2. Bangunannya sendiri tak jauh dari wihara Seyta Budhi dan pertigaan Jalan Kelenteng- Jalan Saritem.


Image result for chinatown bandung
tampak depan 


Beli Tiket dulu disini! 

Tepat hari Minggu lalu, saya mendatangi Chinatown Bandung yang sedang banyak dijadikan buah bibir masyarakat khususnya di sosial media. Sebuah tempat yang seru untuk dijadikan sebagai lokasi  menghabiskan akhir pekan dengan santai sambil berfoto-foto hits dan makan-makan enak bersama keluarga.

Banyak sekali pilihan Kuliner dan berbelanja di kawasan Chinatown Bandung ini sebab terdapat kurang lebih terdapat 77 kios yang berasal dari UMKM Bandung. Hal ini pernah di sampaikan oleh Bapak Walikota Bandung, Ridwan Kamil bahwa Kios itu sendiri isinya sangat beragam, mulai dari kuliner, fesyen, hingga kerajinan tangan. Tetapi, hal yang harus di ingat bahwa pembayaran dilakukan di kawasan ini hanya menggunakan transaksi non tunai atau kamu hanya bisa membayar menggunakan kartu Debit atau flazz.

Image result for kartu debit atau flzz


Jika Kamu ingin datang kesini pada hari biasa, yaitu Senin hingga kamis, biaya masuk dikenakan sebesar Rp. 10.000 dan untuk hari Jumat-Minggu dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 serta medapat bonus berupa gantungan kunci bertuliskan Chinatown Bandung. Chinatown ini buka dari Pukul 12.00 – 22.00 WIB.

Gantungan kunci dan tiket masuk. 
Kurang lengkap? Baiklah akan saya kupas beberapa hal lainnya mengenai  kawasan ini.

1.      Bandung Chinatown museum

Pertama kali masuk kawasan ini, kalian akan menemukan “Bandung Chinatown Museum” yang berisi beragam perabotan antik khas Tionghoa. Selain itu juga ada infografis yang menceritakan sejarah suku Tionghoa di Bandung.



aku dan tas ranselku!

2.      Terdapat Panggung Hiburan

Seru lagi di sini ialah memiiliki panggung hiburan. Hiburan di adakan setiap hari biasanya mulai Sore hingga malam hari. Ada acara atraksi wushu, badut atau live music.


Image result for panggung hiburan di chinatown bandung

3.      Terdapat tempat bermain anak

Orangtua yang mengajak anak-anak, tak perlu khawatir karena disini tersedia area playground yang cukup besar.

Image result for chinatown bandung


4.      Penyewaan Baju khas Tionghoa

Image result for chinatown bandung

Bagi kamu yang bukan orang Tionghoa dan ingin merasakan mengenakan pakaian khas Tionghoa, disini tersedia penyewaan bajunya. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 75.000 – 250.000.

5.      Spot Foto favorit

Bagi saya, setiap sudut tempat di Chinaatown ini sangat bagus untuk berfoto. Banyak mural-mural ciamik di dinding-dindingnya, Lampion yang bergelantungan, kios-kios etnik khas Tionghoa, dan jembatan merah yang sering menjadi pilihan banyak orang untuk berfoto.

jalan-jalannya


Related image

didepan salah satu kios barang antik 


jembatan merah 
Related image
banyak mural-mural seru ! 

Masih banyak lagi hal yangg menarik disini. Kuliner yang tersediapun beragam, dari jajanan khas daerah Jawa Barat, Makanan Khas Tionghoa atau jajanan-jajanan yang sedang Hits. 

Image result for kulinerchinatown bandung
salah satu kios kuliner

bola ubi 


Saran :

Layaknya Chinatown lainnya, sangat bagus jika kalian datang dari Sore atau malam hari, tempat disini menjadi lebih romantis, dramatis dan sangat bagus kala malam. Lampion-lampio dan lampu menambah semarak untuk kalian berfoto atau duduk-duduk sambil menonton musik yang di tampilkan.


Related image
from : yanni's write 



Bagaimana? Masih kurang lengkap informasinya?
Langsung datang saja ke Jalan Kelenteng no. 41, Bandung, Yuk! 

Salam, 

Miss Ririn 

Tidak ada komentar