Wisata-Wisata Banten Lama

Kota kuno Banten atau dikenal dengan nama Banten Lama adalah sisa dari kejayaan Kerajaan Banten. Letaknya sendiri di Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Perjalanan kesini dapat ditempuh kurang lebih 2 Jam dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi. 

Jika membicarakan mengenai Banten sebenarnya banyak sekali hal-hal yang menarik yang dapat diceritakan. Baik dari histori sisa-sisa kejayaan Kerajaan Banten, wisata laut dan pulau yang indah, wisata adat dan kebudayaan dari suku Baduy yang merupakan salah satu suku Tertua di Banten, kulinernya dan masih banyak lagi.

Image result for visit Banten

Banten sendiri adalah provinsi pemekaran dari Jawa Barat. Jadi bahasanya pun dominan menggunakan bahasa Sunda dan Jawa. kali ini saya berkesempatan (kembali) menyusuri Banten Lama. Banten Lama sendiri memiliki banyak sekali wisata-wisata yang dapat kalian kunjungi jika menjejakan kaki kesini. Berikut wisata-wisata yang dapat saya bagikan di postingan kali ini, antara lain : 

1.      Istana Keraton Kaibon

Istana Kaibon merupakan sebuah istana yang dibangun untuk tinggal Ratu Aisyah yaitu ibunda dari Sultan syaifuddin. Menurut penduduk disekitar sini, dulunya istana Kaibon merupakan istana yang sangat megah namun setelah tahun 1832 dihancurkan oleh Belanda saat perang melawan kerajaan Banten. Tinggalah sisa-sisa reruntuhannya. Tetapi, bagi kamu yang menggilai fotografi tentu tempat ini dapat dijadikan referensi untuk mengabadikan momen-momen. Berlatar bangunan yang bernilai artistik, tak salah jika tempat ini selalu digunakan sebagai lokasi fotografi.

Image result for kaibon





2.      Istana Keraton Surosowan

Situs keraton Surosowan letaknya tidak jauh dari Istana Keraton Kaibon, Keraton ini dulunya merupakan kediaman para Sultan Banten. Jika dibandingkan dengan Istana keraton Kaibon, keraton Surosowan hanya tinggal  sisa-sisa bangunan saja atau hampir rata dengan tanah.

Image result for keraton surosowan

3.      Masjid Agung Banten

Jika bertandang ke Banten Lama, rasanya kurang lengkap jika tak bertandang ke Masjid Agung Banten di Kompleks masjid Desa Banten lama. Konon masjid ini di bangun pertama kali oleh Sultan Maulana Hasanudin. Kalau lihat masjid ini, kalian akan melihat ciri khas yang di tonjolkan yaitu atap bangunan yang bertumpuk lima sehingga menyerupai pagoda China.

Image result for masjid agung banten

Oh iya, Serambi kiri dan kanan bagian masjid ini terdapat kompleks makam Sultan-Sultan Banten dan keluarganya. Banyak masyarakat dari luar Banten meyambangin masjid ini khususnya pada hari-hari besar umat islam, sekedar berlibur atau berziarah.

4.      Wihara Avalikitesvara

Image result for Wihara Avalikitesvara

Wihara Avalikitesvara merupakan salah satu wihara tertua di Indonesia. Keberadaan wihara ini diyakini sebagai bukti bahwa pada saat itu penganut Agama yang berbeda dapat hidup berdampingan dengan damai tanpa konflik yang berarti.

Selasar koridor wihara yang menghubungkan bangunan satu dengan bangunan lainnya terdapat relief cerita hikayat Ular Putih yang kemudian di lukis dengan berwarna-warni sebagai elemen statis. 


5.      Benteng Spellwijk

Image result for benteng spelwicjk


Benteng ini menurut informasi dulunya digunakan sebagai menara pemantau yang berhadapan langsung ke Selat Sunda dan sekaligus berfungsi sebagai penyimpanan meriam-meriam dan alat pertahanan yang lain. Ditempat ini juga terdapat sebuah terowongan yang katanya terhubug dengan keraton Surosowan.

6.      Museum Kepurbakalaan Banten Lama

Image result for museum kepurbakalaan banten lama


Museum mini memiliki luas kurang lebih 10.000 m2. Gaya arsitektur dari Museum ini juga kental dengan arsitektur tradisional Jawa Barat yang terlihat dari atapnya. Museum ini letaknya berada di antara Masjid agung dan Keraton Surosowan. Kamu bisa melihat berbagai benda-benda kepurbakalaan yang menjadi koleksinya baik itu arca, mata uang, senjata tradisional, keramik, hingga lukisan dan sketsa.

Image result for museum kepurbakalaan banten lama

Halaman di Museum ini terdapat dua artefak yaitu artefak Meriam ki amuk dan alat penggilingan lada. Maeriam ki amuk sendiri terbuat dari tembaga yang tertulis tulisan arab. Artefak ini memiliki panjang hingga 2,5 meter Sedangka penggiling lada terbuat dari batu padas yang sangat keras tetapi sudah mulai hancur di beberapa bagian.

Image result for museum kepurbakalaan banten lama

                        
Bagaimana? Semoga bermanfaat bagi kamu yang mau berkunjung ke Banten Lama ya :) 

Tidak ada komentar