MUSEUM MACAN, Seni Berubah, Dunia Berubah


Siapa yang suka ke museum? Jujur, gue adalah orang yang kalau city tour, gak lengkap kalau engga mampir ke sebuah museum. Engga ngerti sih, menurut gue kalau kita ke museum, perjalanan tersebut berasa jadi lengkap aja.

Postingan kali ini, gue ingin membicarakan sebuah museum yang lagi HETZZ di kalangan para pemburu lokasi instagramable, museum tersebut bernama MUSEUM MACAN. Kalau yang baru pertama kali dengar pasti akan membayangkan tentang hewan buas yang berbadan loreng-loreng.

MACAN sendiri merupakan sebuah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum Seni Modern dan kontemporer di Nusantara). Museum Macan ini merupakan intitusi pertama yang memberikan akses public terhadap koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia dan Internasional yang bukan hanya signifikan, namun juga terus berkembang.

Image result for museum macan

Museum ini memiliki program berkelanjutan berupa pameran dan aktivitas seni dalam fasilitas seluas 4000 meter persegi yang mencakup area pendidikan dan konservasi.  Museum berkomitmen untuk membuat seni mudah diakses public luas, dengan edukasi sebagai jantung dari program-programnya.

ART TURNS. WORLD TURNS (Seni berubah. Dunia berubah)

Menjelajahi museum macan ini, kalian akan melihat karya-karya seni modern dan kontemporer Indonesia dan Internasional dari abad ke-19 hingga kini. Kerangka panduan dalam pameran ingurasi ini bertumpu pada sejarah Indonesia yang nenelisik pengaruh berbagai peristiwa sosial, ekonomi dan kebudayaan global dalam karya-karya seni.  

Pameran ini adalah refleksi berbagai bentuk relasi Indonesia dan dunia merentang hampir 200 tahun, Karya-karya yang dipamerkan menunjukkan bagaimana seniman menggambarkan masa kehidupannya, dan bagaimana mereka menjadikan seni sebagai cara bagi masyarakat untuk melihat dunia sekitarnya dengan perspektif berbeda.


Image result for museum macan

Image result for museum macan


ALAMAT MUSEUM MACAN 

Bagi kalian yang ingin menyambangi museum ini yang beralamat : 

AKR Tower, Jalan Panjang No.5, Kebon Jeruk, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

PUBLIC PROGRAMS

Tour Museum

Kalau kalian ingin melakukan tur museum bagi keluarga, Museum ini mengadakan tur setiap sabtu dan minggu jam 10.00 WIB. Tur dibatasi maksimal 20 orang per kelompok.

Individu Museum 

Kalau kalian akan mengunjungi tempat ini tanpa berkelompok, atau hanya sendiri atau beberapa orang dengan teman saja, tentu bisa. Kalian hanya perlu membayar Rp. 30.000 untuk anak-anak dan pelajar dan  Rp. 50.000/ orang. Tutup hanya hari Senin. Waktu Buka dari pukul 10.00-19.00 WIB.


HAL-HAL MENARIK DI MUSEUM INI : 

1. Terdapat 90 karya seni rupa Indonesia dan Internasional 





2. Infinity Mirrored Roo Menjadi karya seni paling favorit pengunjung

Salah satu tempat favorit di Museum macan ini adalah karya seni dari Yayoi kusuma. Saking Favoritnya gue menghabisnkan waktu 2,5 jam untuk masuk kesni dan dibatasi foto sekitar 10-20 detik. Makanya datang jangan weekend.

ngantri
     Foto: mardiaheyyy


     3. Terdapat CAFE 

Disini, ada tempat buat sekedar beristirahat dan ngemil-ngemil cantik. 




44. FLOATING GARDEN

      Salah saru manifestasi terpenting dalam program pendidikan yang terdapat di museum macan adalah ruang seni anak. Dalam inagurasinya, museum MACAN bekerjasama dengan Entang Wiharso. Dalam karya "Floating Garden", Seniman kontempore ini mengembangkan sebuah instalasi yang menggabungkan karya seni, murah dan aktivitas pendidikan di sini. 



     
       PERATURAN DI MUSEUM MACAN 

 Selayaknya tempat-tempat umum lainnya, ada hal-hal yang harus kita patuhi, Antara lain :

     Tidak memegang apapun, sekalipun itu dindingnya
     Tidak menggunakan kamera yang terdapat flash atau cahayanya
     Tidak membuang apapun disini!


Bagaimana? Seru kan tempat ini?. Tempat ini bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata buat kamu atau buat keluarga. Belajar mengenai seni Kontemporer terlengkap di Indonesia.

Thanks, Miss ririn :) 

Tidak ada komentar