Menelisik Danau Cigaru Yang Biru


Sosial media memang membuat banyak perubahan dalam gaya hidup. Ini serius. Tapi yang paling gue rasakan dari sosial media adalah munculnya rasa-rasa penasaran didalam hati mengenai tempat-tempat wisata yang belum pernah gue jamahi yang dibagikan dalam berupa video dan gambar di medsos.

Salah satunya yang berada di kawasan Kabupaten Tangerang. Kabupaten Tangerang sendiri lebih terkenal dengan kawasan industrinya yang banyak, sehingga mungkin sering diidentikan dengan tingkat pencemaran udara yang cukup terbilang tinggi. Tiba-tiba munculah wisata alam yang banyak dibicarakan.

Kali ini, saya baru saja mengunjungi salah satu tempat wisata yang sedang dilakukan pengelolaannya agar menjadi tempat wisata yang unik di kawasan Balaraja. Nama tempat ini adalah TELAGA BIRU CISOKA. Telaga Biru Cisoka sendiri berada di Dusun Cigar, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Tangerang, Banten. Tempat ini popular  sejak tahun 2016 yang kemudian berusaha dikelola sampai sekarang.



RUTE MENUJU TEMPAT INI :

Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, ada beberapa rute alternatif yang dapat kalian tempuh. Alamatnya cukup mudah bisa menggunakan kendaraan pribadi. Kemarin, gue sengaja menginap dirumah sahabat gue sewaktu kuliah di daerah Taman Balaraja dan menuju lokasi ini kami menggunakan kendaraan roda dua alias motor. Alamatnyapun cukup muudah yaitu kalian bisa menuju ke lokasi melalui jalan pemda Tigaraksa, belok kanan menuju Cisoka dan 7 KM lagi ada SMPN 1 Cisoka, jalan lagi 2km barulah kalian akan menemukan plang “SELAMAT DATANG DI TELAGA BIRU CISOKA”


Perjalanan kesini dari Taman Balaraja memakan waktu kurang lebih 30 menit. Tapi kalau mau lebih afdol, kalian bisa memanfaatkan teman perjalanan kita semua yaitu Google maps seperti yang selalu gue lakukan kemanapun pergi.

PERJALANAN MENUJU TEMPAT INI :

Perjalanan menuju tempat ini walaupun mudah, namun tetap juga memiliki banyak kelemahan yaitu rute kendaraan umum yang sulit diakses, paling mentok kendaraan umum yang bisa kalian gunakan adalah dengan naik ojek. Kemudian, karena kami melewati pematang sawah, kalian akan disuguhi jalan yang masih tanah dan ukuran jalan yang terbilang tidak terlalu besar sehingga harus berhati-hati jika ada mobil dua arah yang bersamaan melintas. Setelah itu juga kita akan masuk melewati perkampungan.

BIAYA YANG DIKELUARKAN UNTUK MASUK KE TEMPAT INI :

Sekedar informasi saja untuk kalian, TELAGA BIRU CISOKA ini juga dikenal dengan nama DANAU BIRU CIGARU. Ini bukanlah suatu danau yang terbentuk secara alami. Hal yang harus kalian tahu bahwa danau ini merupakan bekas galian pasir yang telah ditinggalkan selama bertahun-tahun. Telaga ini terbentuk karena air hujan yang mengisi lubang bekas galian yang memiliki kedalaman sekitar belasan meter. Lalu warna biru yang terjadi di danau ini dari informasinya dikarenakan kadar keasaman yang tinggi sehingga membuat warna pada telaga ini suka juga berubah-ubah.

Masuk kesini, kalian akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp. 5000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil,  yang kemudian dilanjutkan untuk biaya operasional parkir sebesar Rp. 5000 untuk motor atau mobil.

HAL-HAL MENARIK YANG BISA KALIAN DAPATKAN DI TEMPAT INI :

Hal yang paling menarik dari tempat ini karena warna biru pada air di telaga ini, maka itulah yang menyebabkan diberi nama Telaga Biru Cisoka oleh warga disana. Namun, usut punya usut bahwa air di telaga ini tidak hanya berwarna biru, terkadang bisa berubah warna seperti kehijauan, kuning bahkan kecoklatan. Namun yang paling sering diperlihatkan adalah warna airnya yang biru dan kadang kehijauan.
Telaga biru yang menjadi viral di Sosial media membuat banyak masyarakat disini akhirnya memutuskan untuk mengelola dan menambah banyak fasilitas penunjang bagi pegunjung. Antara lain :
1.      Warung dan tempat makan sembari istirahat bagi pengunjung
Bagi kalian yang bertanya-tanya sama gue di sosial media, ini tempatnya ada warungnya apa engga jawabannya Banyak. Telaga biru ini karena ingin menjadi tempat rekreasi juga, banyak masyarakat membangun warung-warung untuk sekedar bersantai atau berehat sejenak.



2.      Spot Foto tambahan

Kadang yang membuat suatu tempat menjadi menarik adalah dihadirkannya tempat-tempat untuk berswafoto dan spot menarik bagi fotografer. Antara lain :

a.      Jembatan dengan nama CIGARU

Kalian yang ingin mengabadikan foto disini, kalian cukup membayar Rp. 5000 untuk mengabadikan momen dengan berbagai gaya kesukaan kalian.

b.      Kapal Cinta


Image result for danau biru cisoka




Hal yang hitz disini adalah dihadirkan kapal dengan hiasan cinta yang dijadikan tempat untuk mengabadikan momen. Jelas, gue tidak ketinggalan untuk ikut merasakan naik perahu yang telah dihias dengan kreatif oleh masyarakat yang mengelola. Bagi kalian yang akan naik ke kapal ini, kalian bisa membayar Rp. 10.000/dewasa dan Rp. 5000 untuk anak-anak.

Telaga biru sendiri memang sering dijadikan tempat spot foto referensi bagi pecinta bidikan kamera.  Selain unik, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Jadi? bagaimana menurut kamu ? 


Thankyouuu

Tidak ada komentar