Ada Museum Keren Di Dalam Pasar Lama Kota Tangerang!


Kota Tangerang terus menyaingi kota tetangganya, yaitu DKI Jakarta. Pembangunan terus digalakan seakan berlomba ingin menunjukan kota mana yang paling maju. Tangerang sendiri lebih dikenal sebagai kota industri. Banyak Pabrik yang berdiri di sini. Sisi lainnya juga Mol-mol tak kalah megah, jalan-jalan tak kalah lebar,  pembangunan perumahan tak kalah menyebar. Semua ingin menjadi kota terbaik dan memenuhi akan hasrat kebutuhan dan keinginan manusia yang memang dasarnya sulit terpuaskan.

Saat aku berjalan-jalan ke kota Tangerang, sebenarnya tidak terlalu banyak tempat yang menarik untuk aku kunjungi. Entahlah bagi kalian. Tapi kemarin aku menemukan salah satu tempat yang “terselip” didalam pasar lama. Masuk menuju tempat inipun sering terlewat, hal ini menandakan bahwa keberadaannya yang sering teracuhkan.

BENTENG HERITAGE (The pearl of Tangerang) MUSEUM.





LOKASI  :


Image result for pasar lama Tangerang

masuk ke pasar 


Pasti kalian sudah sering melewati atau mendatangi pasar yang terkenal di kota Tangerang. Pasar yang lebih sering dijadikan sebagai tempat warga tangerang untuk berwisata kuliner, kalianpun bisa menemukan jajanan-jajanan dari jaman dahulu hingga jajanan viral kekinian. Yup, Pasar lama Kota Tangerang. Namun ada salah satu tempat yang kini dijadikan museum oleh salah satu keluarga peranakan Tionghoa. Tepat berada di Jalan Cilame No. 18/20, Pasar Lama, Kota Tangerang. Sebuah jalan yang juga dijadikan tempat bertemunya penjual dan pembeli namun terselip sebuah rumah bertingkat 2 dengan arsitektur melebar memanjang kekanan dan kekiri khas rumah orang Tionghoa. Sebuah tempat yang menyimpan banyak sejarah masa lampau, sebuah kisah tentang Cina Benteng dan apa yang terjadi didalamnya pada jaman dahulu.



SEJARAH DAN KEUNIKAN MUSEUM  

Sedikit ingin aku ceritakan mengenai sejarah tempat ini. Benteng Heritage (the pearl of Tangerang) atau lebih dikenal dengan sebuah museum warisan budaya peranakan Tionghoa, Tangerang. Bagi yang belum tahu, museum ini merupakan museum kebudayaan Indonesia –Tionghoa pertama di Indonesia. Museum ini direstorasi dan diresmikan pada tanggal 11 November tahun 2011 pada pukul 20.11 WIB atau lebih kece ditulis 20.11 WIB /11-11-11.



Image result for museum heritage pasar lama

Museum ini sendiri merupakan hasil restorasi sebuah bangunan tua berasitektur tradisional Tinghoa yang diduga dibangun pada sekitar abad ke-17 dan merupakan salah satu bangunan tertua di kota Tangerang. Tindakan restorasi ini didasarkan oleh kesadaran akan pentingnya melestarikan peninggalan bersejarah dari setiap budaya yang ada di bumi persada nusantara agar kita tidak menjadi bangsa yang miskin dengan peradaban sehingga mengalami “amnesia sejarah”.

Bagiku yang bukan dari keturunan Tionghoa saja sangat antusias untuk mengetahui dan mempelajari tentang kisah masa lampau warga Tionghoa di Kota Tangerang. Kalian akan menemukan banyak hal-hal unik di balik sejarah kehidupan etnis Tionghoa di Indonesia serta berbagai artifak yang menjadi saksi bisu kehidupan masa lalu, mulai dari pendaratan nenek moyang orang-orang Tionghoa Tangerang (Cina Benteng) di Teluk Naga pada tahun 1407 yang di pimpin Chen Ci Lung.

Dugaannya mereka adalah bagian dari rombongan Armada Cheng Ho (Zheng ho) seorang laksamana Tiongkok yang beragama Islam dan yang melakukan tujuh kali pelayaran ke Nan Yang (Laut Selatan) dengan armada yang berjumlah hampir 300 kapal kayu Junk serta pengikut sekitar 30.000 orang pada era Dinasti Ming dari tahun 1405-1433.

Museum ini menganut sistem “Guide Tour”, jadi jika berkunjung kesini, kalian akan di dampingi guide yang juga akan menjelaskan semua seluk beluk artifak atau peninggalan tentang kisah masa lalu. Menjelaskan secara mendetail apa-apa saja fungsi dan kerja alat-alat yang digunakan pada masa lalu oleh warga Tionghoa. Semua bagiku menarik dan sangat informatif.





Image result for museum heritage pasar lama

Related image

INFO PENTING :

Hal lain terkait tempat ini ialah kalian hanya bisa menggunakan kamera baik untuk memotret dan merekam sebatas teras dan ruangan pembelian karcis. Jadi, akan ada satu ruangan (semacam ruang tamu bagian depan) dimana kalian harus membeli tiket sebesar Rp. 25.000/orang. Tiket tersebut sudah termasuk mendapat stiker dan guide yang akan membantu menjelaskan banyak hal mengenai sejarah dan artifak museum ini.  Tur sendiri akan berlangsung sekitar 30-45 menit dengan jumlah setiap rombongan dibatasi sampai 20 peserta.

dapet stiker juga

Banyak peraturan yang harus kalian patuhi yang sudah terpampang didepan pintu masuk keruangan utama.  Seperti ini :

 Image result for peraturan museum heritage pasar lama

JAM BUKA

Selasa – Minggu : pukul 10.00 -17.00 WIB
(INGAT! SENIN TUTUP)
Hari besar : Pukul 10.00 – 17.00 WIB

HERITAGE “Waroeng Hobi”/Souvenir shop

Image result for museum heritage pasar lama

Museum ini juga menjual barang-barang khas etnik Tionghoa. Kalian bisa membeli barang-barang dan buku-buku  yang berhubungan dengan sejarah atau hobi seperti Kamera tua, prangko, piringan hitam, turntable, batu permata, kebaya, kain batik, dan juga oleh-oleh khas Tangerang seperti dodol, kecap benteng, kue-kue dll.

Image result for museum heritage pasar lama
kecap benteng yang cuma ada di Tangerang ! 


Bagaimana? Seru loh..
Yuk, main kesini ! 

#KotaTangerang #BentengHeritageTangerang 

Tidak ada komentar