Mengenal Detoks Dan BONUS Turun Berat Badan


"Nguap lagi!"

"Nguap lagi!"

"Hidup engga ada gairah!"

Itulah hal yang sering teman-temanku bilang

Omongan mereka biasanya tidak pernah masuk kehatiku. Lebih sering masuk kuping kanan dan mantul keluar lagi. Biasa saja. Tapi kali ini benar-benar membuatku kepikiran. Hidupku memang seperti engga ada gairah. Semuanya terasa lemas. Sebenarnya bukan badanku saja yang lemas, namun jiwapun terasa hampa. Lemas yang mengisi keluhanku hampir 2 bulan ini. Dua Bulan yang engga produktif. Suram.

Sudah hampir dua bulan ini, aku sering merasakan ngantuk yang berkepanjangan. Merasa sudah cukup tidur yang dianjurkkan yaitu minimal 6 jam tapi nyatanya pada siang hari masih sering nguap-nguapan. Bingung. Kalau ditanya apakah aku sakit, tapi aku merasa biasa saja. Tidak merasa sakit semacam demam atau sakit kepala. Tapi rasa lelah ini yang terus menerus sudah mengganggu aktivitas hidupku. Mungkin ini gejala sakit, pikirku. 

Mukaku lebih kusam dengan jerawat yang nongol tidak tahu diri dengan ukuran yang besar-besar. Sekalinya dihilangkan, malah meninggalkan bekas hitam. Berat badan yang walaupun aku sudah jarang makan, jarum timbangan tidak juga ke kiri. Malah semakin kekanan jarumnya bergerak. Berat badanku mencapai terberatnya.  Emosi yang juga sering berayunan. Kadang bahagia banget kadang kesal banget dengan diri sendiri. Aku terkadang hanya ingin tidur atau mungkin Hibernasi seharian namun aku tahu hal tersebut menambah daftar panjang waktu keluhanku. 

......
Kemudian aku konsultasi dengan salah satu ibu temanku yang berprofesi sebagai dokter. Aku ceritakan semua apa yang aku rasakan. Raga yang lemas, jiwa yang "mood swing" Mengganggu kehidupan. Semua ucapannya mengarah bahwa aku perlu detoks karena kemungkinan aku mengalami penumpukan toxic ditubuh. 

Sebenarnya apa itu Toxic dan detoks? 

TOXIC

Toxic merupakan racun yang mengendap dan menumpuk didalam tubuh. Diyakini bahwa sumber segala penyakit didalam tubuh karena toxic-toxic tersebut. Menurut penelitian : 90% penyakit berasal dari toxic yang menumpuk di usus manusia.


Ampas atau toksik juga diproduksi secara alamiah oleh tubuh kita sendiri. Ini merupakan proses metabolisme sehingga tidak dapat kita hindari. Setiap hari di dalam tubuh terjadi pembelahan sel-sel baru. Sementara itu sel-sel yang sudah tua akan menjadi aus, mati, dan menjadi ampas.

Dalam kondisi normal, ampas akan dikeluarkan secara teratur setiap hari melalui sistem pembuangan tubuh. Buang air besar setiap hari bukan jaminan bahwa proses pembuangan kita normal. Jika salah satu atau beberapa masalah tersebut merupakan keluhan, hal tersebut menandakan bahwa ampas kita tidak terbuang secara optimal. 

Lalu Bagaimana Toxic membahayakan tubuh?

Sejumlah hasil penelitian disebutkan kondisi racun berlebihan (toxicity) erat hubungannya dengan penuaan dini, menyebabkan terjadinya penyakit-penyakit degeneratif (liver, jantung, diabetes, kanker, dll.) dan menurunkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan toxic dalam tubuh manusia dapat membahayakan tubuh manusia dan dapat merusak sistem kerja 3 ALAT PEMBERSIHAN TOXIC UTAMA tubuh seperti : 

1.      

GINJAL - SISTEM ENDOKRIN - USUS 


Sebenarnya kenapa sih kita bisa mengalami hal-hal demikian? 

Itu yang sering aku pertanyakan. Jurnal Penelitian yang aku baca dari tulisan Andang Gunawan, ADN, ND (Majalah NIRMALA Mei 2004) menyatakan tubuh sebenarnya sudah memiliki organ untuk membuang racun yang menumpuk ditubuh. Seperti melalui buang air besar, buang air kecil, berkeringat. Tapi makan makanan yang tidak bersih, kurang berserat, jarang olahraga dan terpapar polusi bisa menjadikan pengeluaran racun ditubuh menjadi terhambat.

Gorengan - Polusi - Kurang Olaharaga


Kalau aku putar waktu beberapa bulan lalu, pola hidupku memang tidak sehat. Sarapan gorengan, kurang minum air putih, begadang nonton drama korea, jangan tanya lagi tentang olahraga. Aku tidak pernah melakukannya.

EFEK NYATA DARI PENUMPUKAN TOXIC YANG AKU RASA

 Berat badanku semakin bertambah 

Ini beratku 62 kg. Engap banget

2. Bruntusan, Kantung mata, bekas jerawat :( 

:(
bruntusan

3. Lemas 

Image result for lemas


4. Flu yang tidak kunjung sembuh


Image result for flu
...
Bukan hanya wanita, siapa saja pasti mungkin pernah mengalami gejala seperti demikian. Hal tersebut sudah sangat mengganggu bukan? Kalau bertambah gemuk bagiku tidak terlalu yang membuatku sengsara. Tapi kalau wajah yang jerawatan dan kusam, lemas sepanjang waktu dan tidak bersemangat melakukan aktifitas tentu sangat menyusahkan. Maka dari itu, aku mulai mencari tahu bagaimana cara asik untuk proses Detoks/ Detoksifikasi.

Kita Kenali dulu apa DETOKSIFIKASI itu ?

ALASAN PERLU DETOKS 

Salah satu penyebab menumpuknya racun dalam tubuh karena kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlebihan atau di proses juga secara berlebihan. Hal tersebut menyebabkan makanan tidak memiliki enzim lagi. Kebiasaan lain adalah lebih banyak makan makanan pembentuk asam seperti protein hewani, pati, lemak. Lambat laut tubuh bisa mengalami ASIDOSIS. Apa itu ?


 Kondisi keasaman darah dan jaringan tubuh berlebihan. Asidosis dapat menimbulkan peradangan pada berbagai jaringan dalam tubuh, menyebabkan butir-butir darah melekat satu sama lain, atau terbentuknya jejaring serabut-serabut halus (fibrin) dalam darah. Jejaring serabut-serabut ini yang memberi kesan seolah-olah darah menjadi pekat. Serabut-serabut ini mengakibatkan peredaran sel-sel darah terganggu, sehingga pasokan zat makan dan oksigen ke sel-sel jaringan tubuh lainnya terhambat.

Untuk lebih jelasnya berikut aku pasang skemanya sebagai contoh kecil saja.:

Makanan yang kita konsumsi secara berlebihan atau paparan udara/ polusi yang masuk ketubuh kita melalui organ mulut atau hidung. Udara akan masuk keparu-paru sedangkan makanan akan masuk  lewat mulut menuju lambung - diserap diusus kemudian akan dialirkan keseluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Usus besar tidak memiliki kemampuan untuk mencerna makanan. Tubuh akan memadatkan makanan yang tidak tercerna ke sepanjang dinding usus halus. Secara alami proses ini akan mengundang pengeluaran lendir dari sistem kekebalan tubuh yang ada pada dinding-dinding usus. Kondisi ini akan mengakibatkan sembelit (sulit buang air besar) dan penyumbatan pada saluran pencernaan.

Kotoran ini akan membusuk dan menghasilkan gas beracun. Gas lebih mudah terserap melalui pori-pori halus pada dinding usus, mengalir dalam darah dan masuk ke sel-sel tubuh dan sewaktu-waktu siap menimbulkan penyakit. Pembersihan besar-besaran alias detoksifikasi yang dilakukan secara berkala, perlu bagi tubuh kita. Selain untuk mengurangi ampas-ampas beracun dari dalam tubuh, tidak ada organisme pembawa penyakit atau virus yang tahan dalam tubuh yang bersih. 

Hal-hal tersebutlah yang membuat kita akhirnya harus melakukan "hidup sehat" dengan proses detoks. Aku melakukan beberapa hal untuk mendetoks diri sendiri.

1. POLA MAKAN 

Segala penyakit di tubuh kita hampir 90% berasal dari apa yang kita konsumsi. Maka tak salah jika mencobanya dari perilaku makan terlebih dahulu.

Pagi Setelah bangun tidur : 

a. Minum air lemon hangat yang dicampur madu 


Bagi yang memiliki sakit magh atau asam lambung, aku tidak dapat memastikan apakah minum air lemon hangat dipagi hari saat perut kosong boleh atau tidaknya. Aku pribadi ketika meminum ini cukup mampu merangsang proses pencernaan dipagi hari. Setelah minum air hangat dicampur dan lemon dipagi hari, kamu bisa melanjutkan minum dengan air hangat.

b. Sarapan Buah 

Sarapan buah dipagi hari sangat baik. Buah yang dianjurkan tentu yang tinggi serat seperti pepaya.

Related image
Makan Siang : 

Makan seperti biasa hanya saja mengurangi makan-makanan yang mengandung minyak tinggi (Seperti gorengan dan santan). Lebih banyak konsumsi sayur-sayuran. Jangan lupa untuk banyak minum air putih. Kalau bisa yang hangat agar keringat keluar dari pori-pori kulit.

Image result for makan siang sayur
contoh

Makan Sore dan makan malam :


Ngemil Buah

Malam: Kalau lapar makan seperti biasa, tetapi peraturan seperti makan siang atau jika mau lebih baik dianjurkan untuk makan sayuran atau buah-buahan saja atau air putih hangat.

2. OLAHRAGA 
zumba class

Pola makan jika tanpa diringi olahraga pasti sangat kurang. Maka aku mendaftarkan diri mengikuti senam Zumba 2 kali seminggu dan setiap minggu pagi mencoba untuk jogging di dekat rumah.

3. Puasa Sunah

Seperti banyak penelitian mengungkapkan bahwa puasa dapat mengistirahatkan organ-organ pencernaan yang selalu bekerja sepanjang waktu. Puasa sendiri selain menyehatkan organ pencernaan juga dapat menyehatkan mental.

4. Tidak begadang lagi 

Hormon pertumbuhan manusia (GH) dan adrenal sangat penting untuk menunjang sistem metabolisme tubuh serta perkembangan fungsi otot yang dihasilkan pada malam hari. Nah, begadang sampai larut malam tentu akan mengganggu tubuh dalam menghasilkan hormon tersebut. Terutama rasa lelah dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

5. Positif Thinking 

You are what you think. Apa yang kita pikirkan dalam otak kita, pasti semua akan mempengaruhi apa yang kita lakukan dan rasakan. Positif thinking salah satu jalan merelaksasi diri.

6. Mengurangi bermain Sosal media.

Sosial media adalah salah satu akses teknologi yang saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Menghubungkan antar dunia luar, menggali informasi sangat cepat dan bahkan bisa menjadi sarana unjuk bakat dan penjualan. Namun dari segelintir aspek positif yang ada, tentu akan selalu ada aspek negatif yang mungkin akan kita rasakan. Salah satunya adalah konflik-konflik antar kelompok-kelompok tertentu yang berlatar suku, ras, dan agama. Banyak orang sering berkata kasar dan memanfaat massa untuk kepentingan golongan sepihak. Mau tidak mau tentu hal tersebut dapat mengganggu psikologi kita baik ketika membaca dan menonton video yangada. Maka puasa sosial media tentu bisa menjadi salah satu cara mereklasasi pikiran kita.
....

Kalau badan sudah terasa ringan dan segar. Sesekali kalian boleh cheating day atau melakukan hal-hal yang kalian suka. Seperti makan gorengan, es krim, atau minum minuman ringan. Minum minuman ringan yang sering aku minum yaitu Yogurt dan minuman yang mengandung Lemon dan madu. Kalau Yogurt seperti kita tahu merupakan minuman yang sangat baik untuk pencernaan. Aku paling suka yogurt plain atau murni susu fermentasi tanpa rasa apapun.

Satu lagi adalah minuman yang mengandung Madu dan Lemon. Kenapa Madu dan lemon?


1. KAYA ANTIOKSIDAN 

Penelitian dari Jurnal UMJ 2017 tentang “Pertanian dan Tanaman Herbal Berkelanjutan di Indonesia” 30 POTENSI ANTIOKSIDAN EKSTRAK KULIT DAN PERASAN DAGING BUAH LEMON (Citrus Lemon). 

Menyatakan : Hasil pengujian kualitatif dari sari buah Lemon menunjukkan aktivitas antioksidan, hasil peredaman radikal bebas DPPH yang ditandai dengan perubahan warna dari ungu menjadi pudar sampai kekuningan. Empat sampel uji yaitu ekstrak kulit buah dan perasan daging buah lemon lokal dan impor, menunjukkan aktivitas antioksidan. 

2. ANTI ANALGESIK 

Penelitian dari Jurnal Univeristas Sanata "Daya Analgesik Sari buah Lemon pada mencit. 

Menyatakan: Sari buah lemon memiliki anti analgesik yang berpengaruh terhadap mencit melalui uji rangsang kimia serta kandungan paracetamol pada seri buah lemon memiliki profil geliat yang mirip. 

3. MEMBANTU PROSES DETOKS 

Penelitian lain yang dikutip dari Boldsky.com 

Menyatakan : Lemon justru baik dikonsumsi dipagi hari untuk membantu proses detoks tubuh. 

1. KAYA ANTIOKSIDAN 

Penelitian dari Jurnal UNY mengenai KAJIAN KADAR FLAVONOID, AKTIVITAS ANTIOKSIDAN, DAN KAPASITAS ANTIOKSIDAN MADU MONOFLORA 

Menyatakan : Aktivitas antioksidan metode DPPH tertinggi adalah madu dari bunga kaliandra dengan % penghambatan DPPH adalah 48%, diikuti madu bunga randu 13,1%, madu bunga rambutan 11,9%, dan paling rendah madu bunga kelengkeng dan kopi masing-masing 8,73 dan 5,56%.

2. ANTIMIKROBA 

Penelitian dari Jurnal UNS mengenai  AKTIVITAS ANTIBAKTERI BERBAGAI JENIS MADU TERHADAP BAKTERI PEMBUSUK (Pseudomonas fluorescens FNCC 0071 dan Pseudomonas putida FNCC 0070).

Menyatakan : Madu bisa menjadi salah satu zat antimikroba untuk tubuh. 

3. KEMAMPUAN PENYEMBUHAN LUKA 

Penelitian dari Jurnal STIKES TELOGEREJO mengenai Efektifitas madu terhadap penyembuhan luka infeksi kaki. 

Menyatakan : Bahwa kemampuan madu untuk penyembuhan luka lebih efektif daripada NACL. 

Dari semua penelitian-penelitian yang ada. Hal tersebut membuktikan bahwa kandungan buah lemon dan madu sangat baik untuk tubuh. Hal tersebut bisa kalian dapat dari salah satu minuman dari POKKA ini yaitu Natsbee Honey Lemon sebagai salah satu cara #AsikTanpaToxic


NATSBEE HONEY LEMON 




Kadang aku suka minum NATSBEE ini setiap pagi, tinggal tuang ke gelas dan minum. Lebih praktis terlebih jika lemon di kulkas sedang habis. Kamu juga bisa bawa Natsbee kemana-mana. 


Disajikan dingin lebih yahudd.

Nemenin kerja. 

Lalu setelah aku menjalani cara asik detoksifikasi ini, aku mulai merasakan banyak hal :

1. Jerawat Berkurang 
semua orang berhak merasa cantik 

2. Badan lebih segar (engga nguap-nguap lagi!) 

jadi bisa ikutan kegiatan berfaedah dan ketemu teman-teman baru

3. Turun berat badan 


Nah, Bagaimana seru kan?!
Pasti kamu pasti punya cara asik untuk menghilangkan toxic sendiri. 
Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Serunya kalau bisa terus aktif sampai nanti. 





Referensi : 
1. http://www.jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/viewFile/79/73
2.http://download.portalgaruda.org/article.php?article=183447&val=6378&title=EFEKTIVITAS%20PENGOBATAN
3. https://anzdoc.com/bagian-1-mengapa-perlu-detoks.html
4. http://eprints.uny.ac.id/31088/1/Artikel_jurnal-madu.pdf


missririn :) 

Tidak ada komentar