Wisata-Wisata Yang Dapat Dikunjungi di Dieng Saat Event Dieng Culture Festival (DCF)

Pesona Dieng. 

Dieng. Sebuah desa di Wonosobo yang bagiku pribadi memiliki daya tariknya sendiri. Dieng seakan pendiam, namun ketika kau menggali lebih dekat, ia memiliki pesona yang menakjubkan.  Banyak potensi Dieng yang belum banyak diketahui orang lain. Padahal seperti kita tahu banyak sekali wisata-wisata yang dimilikinya. Mulai dari wisata alam, situs sejarah, situs budaya dan bahkan kearifan lokal penduduknya yang kini mulai dilirik oleh wisawatan domestik bahkan mancanegara. Saat aku berkunjung ke Dieng. Syukurlah aku bisa menikmati beberapa pesona Dieng  ini, seperti : 

1.       Bukit Sikunir

Kata orang tak lengkap jika kita tak menginjakkan kaki ke salah satu tempat yang dapat memberikanmu pemandangan mempesona. Pemandangan untuk melihat bagaimana indahnya matahari terbit.  Orang bilang kamu bisa melihat salah satu momen “golden sunrise" di puncak bukitnya. Tempat itu bernama Bukit Sikunir. Tempat terindah untuk melihat matahari terbit se-Asia Tenggara.

Image result for sunrise bukit sikunir

Semua keindahan itu harus diusahakan. kita akan menanjak selama kurang lebih 30 menit hingga bisa memandangi bagaimana fajar menyapa dengan hangat. Tak hanya itu, kita bisa melihat bagaimana gunung-gunung lainnya yang dengan gagah berderet dikejauhan. Bukit sikunir sendiri terletak di Desa Sembungan. Area bukit sikunir sendiri memiliki banyak pesonanya, seperti Telaga cebong dibawahnya, para petani kentang dan keramahan penduduknya.

another sunrise view

seneng sampai puncak

setelah turun. 

2.       Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang Dieng sendiri merupakan kawah vulkanik di Dataran Tinggi Dieng. Sikidang sendiri dinamai usut punya usut karena pada waktu tertentu kolam kawah bisa melompat atau berpindah seperti karakter binatang Kidang (Kijang). Jika kalian kesana, kalian akan melihat aktivitas gunung berapi berupa lumpur vulkanik yang meletup-letup disertai gas beracun yang menepul berbentuk asap putih pekat.

Image result for kawah sikidang


 
Kawah sikidang sendiri terletak di Desa Dieng Kulon, yang masuk Kecamatan Batur. Letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari Candi Arjuna. Selain menyaksikan letupan dan kepulan asap dari kawah, banyak aktivitas yang dapat dilakukan disana. Seperti:

a.       Menikmati telor rebus kawah Sikidang


Image result for telur rebus kawah sikidang

Banyak masyarakat dieng menjual telur mentah kemudian direbus disebuh kawah kecil yang airnya sedang mendidih. Lima menit kemudian telur akan matang dan bisa kamu nikmati.

b.      Berbelanja oleh-oleh atau souvenir


jual blerang

carica dan cabai dieng
Area kawah Sikidang digunakan oleh masyarakat setempat untuk menjual berbagai makanan khas bahkan pernak-pernak khas Dieng sendiri. Harga yang dijualpun tidak terlalu mahal, sangat terjangkau bagi kamu.

c.       Spot foto berbayar

Jaman sekarang, gaya hidup foto menjadi hal yang sering dilakukan. Kini dimanfaatkan penduduk untuk membuat tempat khusus yang bisa digunakan oleh wisatawan jika sedang berkunjung ke sini dan menginginkan foto yang unik. Biasanya kamu bisa menggunakan tempatnya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 5000/orang.

ayunan berbayar . LOL 

3.       Telaga Warna

Image result for telaga warna

Telaga warna sudah banyak diketahui oleh banyak lapis masyarakat. Telaga warna sendiri memang memiliki keunikannya sendiri sebab permukaan telaganya dapat berubah-ubah warna setiap waktu tergantung cuaca, sudut pandang, dan jarak pandang. Bisaterkadang hijau, biru laut, putih kekuningan, dan bahkan berwarna-warni seperti pelangi.

Untuk melihat telaga warna ini, kamu perlu tempat strategis untuk menyaksikan pemandangan keren ini dari atas. Salah satunya adalah Batu Padang Ratapan Angin. Batu ratapan angin ini sendiri adalah dua buah batu yang bertumpuk diatas sebuah bukit kompleks telaga warna.

bagus yaah. 

4.       Batu Ratapan Angin

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, batu ratapan angin adalah dua buah batu besar yang bertumpuk dan berada di atas bukit di sisi sebelah kiri telaga warna dan telaga pengilon. Batu ratapan angin inilah adalah tempat strategis yang bisa kamu datangi untuk menyaksikan telaga warna dari atas.


Image result for batu ratapan angin

Sebelum kamu menaikin tangga menuju batu ratapan angin. Ada salah satu tempat yang masih satu kompleks disekitarnya untuk menyaksikan film tentang seluk beluk dieng baik tentang sejarah, budaya, geografis, kearifan lokal,  obyek wisata Dieng di Dieng Plateu Theater. Tiket nya hanya bekisar Rp. 4000 saja dengan waktu sekitar 20 menit.

Dieng Plateu Theater

foto dulu sebelum nonton


5.       Tuk Bimo Lukar

Pertigaan masuk desa Dieng ada salah satu sumber mata air yang terkenal yang berasal dari Gunung Prau. Tempat itu bernama Tuk Bimo Lukar. Konon, tempat ini merupakan mata air suci bagi umat Hindu Kuno Dieng. Katanya dahulu kala disebut sebagai mata air peradaban kehidupan nenek moyang mayarakat dataran tinggi Dieng.

Image result for tuk bimo lukar

Image result for tuk bimo lukar

6.       Candi Dieng





    Candi Dieng adalah kumpulan candi yang terletak di kaki pegunungan Dieng, Wonosobo.Kawasan candi Dieng menempati dataran pada ketinggian 2000mdpl, memanjang arah utara hingga selatan sekitar 1900m dengan lebar 800m. Candi di Dieng memang berukuran tidak besar seperti candi-candi di Jawa tengah lainnya seperti Borobudur dan Prambanan, namun candi Dieng juga indah dan memiliki pesona tersendiri. 

    Saat kamu mengunjungi Dieng untuk menyaksikan DCF, kamu juga tetap berjalan-jalan dan menikmati wisata-wisata Dieng yang indah. 

Tidak ada komentar