Hainan, rekomendasi tepat untuk Hijab Traveler


Image result for hijab traveler

Solo Hijab Traveling bukan lagi menjadi hal yang tabu bagi masyarakat. Zaman sekarang semua orang memiliki kegemarannya masing-masing. Salah satunya adalah jalan-jalan. Bisa hanya menggunakan tas gendong saja atau bisa juga dengan membawa koper. Traveling kadang diartikan bukan hanya sekedar jalan-jalan, namun banyak alasan lain yang dimiliki masing-masing pribadi. seperti rasa penasaran dengan lokasinya, ada yang ingin menantang dirinya sendiri atau hanya sekedar mengistirahatkan sejenak pikiran dari penatnya aktivitas diwaktu kebelakang yang telah menguras energi. Traveling bisa menjadi charging untuk memperbaharui energi tubuh.  

Sayangnya, kadang Solo Traveling bagi hijabers seringkali menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Momok tersebut hadir beralasankan karena wanita lebih rentan mendapati kejahatan di perjalanan. Maka untuk menghindari hal-hal tersebut, sebagai solo traveler harus melakukan ekstra persiapan. Salah satunya melalui pemanfaatan dunia teknologi dan informasi sekarang ini. Tahap pertama dalam persiapan ialah dengan melakukan ‘riset kecil’ sebelum menuju lokasi yang ingin disinggahi. Hal tersebut guna mengurangi perasaan khawatir untuk memulai traveling. Mencari tahu sebanyak-banyaknya informasi tempat tersebut. Baik dari segi wisatanya, penginapan, makanan halal dan keuntungan-keuntungan lain yang didapat dari tempat tersebut, bahkan boleh membaca kisah-kisah pengalaman traveler lain di berbagai lini komunitas. 

Nah! Salah satu tempat yang aku rekomendasikan untuk hijab solo traveling adalah Provinsi Hainan, China. 
DIMANA HAINAN ?

Related image
                                                       courtesy : researchgate.net 
Hainan merupakan provinsi paling selatan di Tiongkok dan menjadi salah satu daerah tropis disana. Pulau Hainan memiliki luas sekitar 34.438 kilometer persegi. Iklim disana tidak berbeda jauh dengan Indonesia. China menetapkan Hainan sebagai pulau pariwisata internasional pada tahun 2008 dengan Haikou sebagai ibu kota provinsi yang berada di Utara dan Sanya sebagai kota turis yang dipenuhi hotel-hotel internasional berada di bagian selatannya. 

Namun, ada alasan lain yang bisa menjadikan Hainan sebagai salah satu destinasi menarik bagi kamu sebagai solo traveling khususnya wanita, biar tidak takut lagi jika mau melakukan perjalanan menantang keberanian. 

1. KEUNTUNGAN BEBAS VISA 


Pada tanggal 1 Mei 2018 lalu, Pemerintah Hainan memberlakukan bebas visa untuk 59 negara di dunia, termasuk 12 negara Asia-Oceania dengan maksimal 30 hari kunjungan. Hal ini diberlakukan  sebagai langkah reformasi - informasi sekaligus persiapan menjadi destinasi wisata kelas dunia. Jadi, kita tak perlu report-repot mengurus visa, cukup hanya dengan memiliki pasport saja sudah bisa pergi ke Hainan. Asik sekali bukan?


2. AKSES INTERNET YANG MUMPUNI 


Hainan tak tanggung-tanggung melakukan peningkatan fasilitas sebagai penunjang infrastuktur dan lingkungannya yang sudah sangat rapih. Dengan konsep wisata cerdas, Hainan menyediakan jaringan 4G secara menyeluruh dan akses WI-FI di 95% tempat wisatanya. Jadi, bagi kamu yang akan melakukan solo traveling kesini tak perlu takut untuk tidak bisa menghubungi keluarga di rumah atau mengabadikan kegiatan di sosial media. Sebab wifi internet disini dapat diakses hanya dengan membeli voucher wifi yang tersedia salah satunya di Bandara. 

3. PENERBANGAN “One Belt One Road” 

Image result for one belt one road to hainan adalah

Enaknya lagi, menuju Hainan sudah tak perlu melakukan transit sebab sudah adanya fasilitas One Belt One Road atau penerbangan langsung. Penerbangan langsung ini merupakan amanat dari pemerintah pusat Hainan guna peningkatan hubungan China dengan ASEAN agar hubungan semakin erat lagi terutama di sektor pariwisata. Kebaikan lainnya yaitu Hainan sengaja tidak menggunakan maskapai China karena alasan biaya mahal, maka untuk mengantisipasinya melalui adanya penerbangan carter dilayani maskapai Lion Air dan Sriwijaya Air dengan harga yang tentu lebih terjangkau. 

4. WISATA-WISATA DI HAINAN 

Kalau sudah berbicara megenai wisata-wisata yang disajikan di Hainan, tentu tak perlu khawatir. Hainan sendiri menyajikan berbagai destinasi lengkap dari wisata sejarah/peninggalan hingga wisata alam yang sudah terkenal sejak lama. Tak salah, jika Hainan sendiri telah dijuluki sebagai Hawainya China. Namun masih sangat banyak wisata menarik di Hainan yang bisa kamu temui, seperti : 

a. Desa Bali di Kabupaten Xin Long. 

Related image

Desa Bali ini dahulunya merupakan penampungan warga Tionghoa dari negara-negara Asia Tenggara tahun 1960-an, termasuk dari Indonesia. Desa milik orang Indonesia ini sekarang disewakan kepada pihak swasta. Kita berasa berada dirumah sendiri. Uniknya lagi di desa ini wisatawan bisa membuat kue semprong khas Indonesia. Kamu pernah nyoba bikin Semprong di negara orang ga? Nih. Coba disini. 

b. Binglanggu Li dan Miao Cultural Heritage Park

Image result for Binglanggu Li dan Miao Cultural Heritage Park.
Image result for Binglanggu Li dan Miao Cultural Heritage Park.

Bagi kamu yang menyukai etnik-etnik dan kebudayaan. Tempat ini sangat cocok. Disini kamu bisa menemukan pemukiman Suku Li dan Miao yang hampir mirip dengan suku dayak di Kalimantan. Mereka tinggal di rumah-rumah panggung, bercocok tanam, berladang, memelihara ternak dan mengenakan tato di wajahnya. 

c. Fexiaogang Film Commune di Mission Hills

Image result for Fexiaogang Film Commune di Mission Hills.

Para pecinta Film pasti menyukai tempat ini. Ini merupakan Studio tempat pembuatan film. Uniknya tempat ini masih menggunakan bangunan tahun 40-an. Jadi, berasa benar-benar beda. 

d. Wenchang

Bagi kamu yang ingin mengetahui budaya lokal di Hainan bisa mengunjungi Wenchang. Banyak kuil indah disini, salah satunya kuil Confucius yang dibangun abad ke-11. Walaupun dibangun abad ke-11, namun masih sangat indah untuk dikunjungi sebab sudah dilakukan renovasi oleh pemerintah Hainan. 

e. Pantai-Pantai yang sangat indah


Related image

Image result for pantai hainan

Hainan dijuluki Hawainya China. Bagaimana tidak, Pantai di Hainan memiliki kesamaan sensasi yang sama saat berselancar dengan gelombang yang juga dimiliki Hawai. Hainan memiliki panjang pantai 1528 kilometer lebih, pantai pasir sekitar 50 %. Bayangkan saja, air laut yang transparan sehingga terlihat bagian dasarnya, pasir pantai yang putih, udara yang segar, pohon hijau d tepi menambah keindahan Pantai di pulau Hainan ini. Jadi, Hainan seperti salah satu solusi lain kan untuk merasakan Hawai ?

5. RAMAH BAGI PEJALAN KAKI 

                                                           Haikou arcade street 
Salah satu cara untuk menikmati destinasi lokal adalah dengan berjalan kaki. Aku sendiri sebagai wanita juga merasa nyaman berjalan-jalan disini, sebab Hainan terkenal dengan penduduknya yang ramah dengan ditunjang Insfrastruktur dan lingkungan yang tertata yang di suport trotoar yang besar dan bersih. Mata pun tak bosan sebab sepanjang jalan banyak dikeliling pertokoan etnic Hainan khas masyarakat Tiongkok. Cocok banget untuk foto-foto disini. 

6. RAMAH PELANCONG MUSLIM 


Related image
 Umat muslim di Masjid Huangcheng, Kota Chengdu
Hainan sangat potensial menarik wisatawan muslim dari Indonesia. Salah satunya dengan adanya sebuah masjid di Haikou dan 6 bangunan Masjid di Sanya. Bahkan beberapa travel agen di sana telah menyiapkan hotel-hotel Hainan dengan ruangan khusus wisatawan musliim yang hendak sarapan serta beribadah Sholat. 

Dibuktikan dengan adanya salah satu masjid di Sanya yang sebelahnya terdapat restoran muslim. Hal tersebut karena di Sanya sendiri banyak penduduknya yang beragama Islam. Jika kamu ke Sanya, kamu akan melihat banyak penduduk laki-laki sanya yang mengenakn peci dan mengenakan kerudung bagi perempuannya. 

7. BANYAK PROMO SPESIAL KE HAINAN. 

Bagi kamu yang sudah tidak ada keraguan lagi berwisata ke Hainan, Banyak agen-agen traveling yang sudah menyediakan jasa menuju wisata ke Hainan. Saking banyaknya, kamu seringkali kebingungan menentukan agen mana yang bisa menjadi rekan terpercaya buat kamu, kan? 

Nah, kali ini aku mau merekomendasikan salah satu agen wisata yang sudah menjadi langganan aku dari dulu, terpercaya dan selalu banyak memberikan informasi dan promo spesial hampir pada penerbangan domestik hingga Internasionnalnya, yaitu His-Travel Indonesia.  



Seperti sekarang ini, wisata His-Travel  sedang menawarkan PROMO SPESIAL HAINAN Mulai dari Rp. 4.988.000. His-Travel sendiri sudah menyiapkan itinerary menuju wisata Hainan yang sangat banyak mulai dari Haikou – Qionghai – Sanya- Xinglong hingga Linghui dengan telah memasukan tiket pesawat internasional kelas Ekonomi maskapai penerbangan Lion Air. 

 http://bit.ly/wisatahainan

Kamu bisa cek informasinya lebih detail pada website His-Travel Indonesia di --- > SINI.  

His Travel juga menyediakan jasa "Paket Tour Hainan" yang seringkali memberikan banyak promo spesial. Kamu tinggal cek di websitenya. 

Bagaimana? 

Setelah kalian lihat begitu menarik dan mudahnya menuju Hainan. Tak salahkah jika Hainan menjadi salah satu destinasi ramah untuk Solo Hijab Traveling? Jadi, masih takut traveling sendiri? Engga kan?

.......
Thank you.
Ririn ;) 


Tidak ada komentar