Muka Kamu Sering Bermasalah? Siapa Tahu Aturan Ini Belum Diterapkan!

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah yang halus, bebas jerawat, tidak kusam dan segar? Semua pasti menginginkannya. Namun kadang sudah banyak produk kecantikan yang digunakan ternyata kulit wajah masih terus bermasalah. Ada yang salah?

Tentu! 

Salah satu penyebabnya mungkin kamu masih melupakan aturan dalam membersihkan wajah. Membersihkan wajah adalah tahapan paling penting agar wajah tetap sehat. Jadi,  jangan salah walaupun terlihat  mudah tetapi cukup banyak yang keliru bahkan salah satunya masih banyak yang mengaggap hanya dengan air saja sudah dapat mengangkat kotoran. 

Yuk simak, aturan apa saja yang harus diterapkan dalam membersihkan wajah! 

1. Mengenali Jenis Kulit Kamu 

Mengetahui jenis kulit sebelum membersihkan wajah sangat penting. Apakah kulit kamu kering, normal, kulit kombinasi, berminyak atau bahkan berjerawat. Mengapa mengetahui jenis kulit sangat penting? Ini akan memudahkan kamu menemukan pembersih wajah yang tepat. Produk dipasaran sangat banyak, masing-masing memasang keterangan ketentuan jenis kulit. Makanya bisa saja antara kamu dan temanmu memakai produk yang sama namun tidak sama hasilnya. Produk yang berhasil dapat sekaligus memberikan nutrisi untuk wajahmu. 

2. Melakukan Double-Cleansing

Melakukan double cleansing sangat bagus bagi kamu yang tiap hari berkutat dengan riasan. Produk riasan wajah yang sering kita pakai sebagian memiliki ikatan ionik kuat dan terkadang tidak bisa lepas hanya dengan sabun saja. Oleh karena itu dibutuhkan tahapan bantu sebelum membersihkan wajah dengan sabun pembersih. 

Berikut urutan dan cara yang benar membersihkan wajah dengan milk cleanser atau cleansing oil agar riasan dan kotoran terangkat sempurna. 

  • Berikan wajah dengan menggunakan milk cleanser/cleansing oil, ratakan keseluruh wajah 
  • Diamkan selama kurang lebih 3 menit agar terserap. 
  • Angkat menggunakan kapas wajah. 
  • Jika masih ragu, bisa diulangi atau diakhiri dengan menggunakan cleansing tonic/ micellar water.

3. Menggunakan Pembersih Wajah Yang Tepat 

Berikutnya adalah mencuci wajah. Mencuci wajah dengan air saja tidaklah cukup apalagi sebelumnya kamu menggunakan riasan atau beraktivitas di luar ruangan yang penuh polusi. Maka pentingnya menggunakan pembersih sesuai kondisi wajah. 

Sebelum menggosoknya kewajah, busakan sabun ditangan terlebih dahulu, kemudian pijatkan perlahan keseluruh wajah. Mengapa harus pijat perlahan? Cara ini akan membantu bahan aktif dalam sabun menyerap dengan maksimal kedalam kulit, sehingga dapat membantu mengangkat kotoran dengan maksimal. Jadi, bukan digosok-gosok ya, hanya dipijat secara perlahan. 

4. Tidak Perlu Mendiamkan Sabun Hingga Meresap. 

Banyak yang menganggap semakin lama mendiamkan sabun dikulit, maka sabun tersebut akan bekerja maksimal. Namun sebenarnya secara umum membersihkan wajah dengan cara ini tidak memberikan pengaruh apapun. Pada prinsipnya sabun bisa langsung mengikat kotoran diwajah sesaat setelah berbusa. 

Namun, ada beberapa produk yang menuliskan dilabelnya untuk mendiamkan terlebih dahulu, maka silahkan dibaca terlebih dahulu petunjuk pemakaian pada setiap produk yang kamu gunakan. 

5. Segerakan Membersihkan Wajah Setelah Berkegiatan Di Luar Ruangan

Membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar rumah sangat penting. Riasan dan keringat yang menempel di wajah terlalu tanpa dibersihkan maka akan memicu munculnya jerawat.

Pastikan diri kamu untuk membersihkan wajah 2 kali sehari, saat pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Meski kelihatannya bersih, dipagi hari kulit wajah biasanya tertutup oleh minyak yang diproduksi saat tidur. Sementara dimalam hari kita wajib membersihkan wajah dari sisa makeup dan kotoran setelah seharian beraktivitas. 

Penting, Jangan terlalu sering mencuci muka karena kulit wajah justru menjadi kering dan iritasi karena kandungan atau bahan yang diberada didalamnya. 


Bagaimana?
Sudahkah kamu terapkan cara tadi dalam mebersihkan wajah?


Tidak ada komentar