4 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Eksfoliasi

Sudah hampir sebulan ini aku nyobain produk eksfoliasi dari Sometinc AHA BHA PHA Peeling Solution. Permasalahan wajahku yang paling berat adalah komedo hitam dan putih, ditambah bintik-bintik hitam akibat cahaya matahari. Sejujurnya aku engga pernah ketinggalan menggunakan sunscreen, Namun, bintik hitam diwajahku membandel dan susah sekali untuk dihilangkan. Banyak yang menyarankan untuk melakukan Eksfoliasi. 

Eksfoliasi sendiri sebenernya adalah CARA untuk mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang ada di lapisan paling luar kulit tubuh kita. Eksfoliasi bisa dilakukan di rumah atau klinik kecantikan. Eksfoliasi ini salah satu cara perawatan wajah yang penting karena berfungsi untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit sehingga bisa membuat kulit beregenerasi alias merangsang sel-sel baru untuk tumbuh. 

Nah, eksfoliasi ini harus dibantu produk skin care yang baik dan tepat sehingga proses eksfoliasi dapat optimal dalam mengikis sel kulit mati di kulit. 

Hal-hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum akan melakukan eksfoliasi 


1. Mengenal Jenis Kulit Wajah Kamu


Jenis kulit tiap orang berbeda-beda, tentu beda pula kebutuhannya. Beberapa jenis kulit wajah bahkan membutuhkan perawatan dan perhatian lebih dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Itu sebabnya produk perawatan kulit wajah dan kosmetik dibuat dengan formula yang berbeda sesuai dengan jenis kulit.  Jenis Kulit antara lain : 

a) Kulit Wajah Kering 


Kenapa sih bisa kering? Kulit wajah yang kering diakibatkan rendahnya tingkat kelembapan pada lapisan kulit terluar. Biasanya terlihat pecah-pecah bahkan mengalami seperti keretakan pada permukaan kulit. Kulit wajah kering biasanya pori-porinya kecil bahkan hampir tidak terlihat, kulit luar terlihat kasar dan kusam, terasa kurang elastis bahkan mudah memerah, gatal, bersisik dan meradang. 

b) Kulit Wajah Berminyak 


Buat kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, biasanya cenderung licin dan mengkilap karena produksi minyak atau sebum yang berlebihan. Sebenarnya minyak/Sebum sendiri bagus karena dapat melindungi dan melembapkan kulit. Hanya produksi yang berlebihan itulah yang berefek dapat menyumbat pori-pori sehingga menjadi rentan akan jerawat. Jenis kulit wajah berminyak biasanya cenderung memiliki pori-pori yang besar, wajah terlihat mengkilau, nampak kusam, komedo yang banyak dan muncul noda-noda hitam. 

c) Kulit Wajah Sensitif 


Buat kamu yang rentan terkena alergi atau iritasi atau ruam akibat dari reaksi faktor tertentu baik itu lingkungan, makanan atau menggunakan produk kosmetik. Maka, sudah dipastikan kulit wajah kamu tergolong sensitif. Kulit wajah ini biasanya mudah terkelupas, gatal, kering, kemerahan dan perih. 

d) Kulit Wajah Kombinasi 


Jenis kulit wajah kombinasi ini adalah perpaduan antara kulit berminyak dan kulit kering. Daerah T-Zone yaitu area dagu, hidung, dan dahi biasanya cenderung berminyak. Sedangkan area pipi cenderung kering. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu belum jenis kulit wajah kamu?

2. Mengetahui Cara Eksfoliasi 

Sebelum kamu melakukan eksfoliasi, kamu harus tahu bahwa terdapat cara atau teknik eksfoliasi, yaitu Mekanik dan Kimiawi. Kamu bisa pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit masing-masing. 

Eksfoliasi Mekanik, tindakan yang dilakukan dengan menggunakan scrub, serat fiber, sikat halus, kristal gula/garam dan sponge. Eksfoliasi mekanik bisa kamu lakukan di rumah bahkan di klinik kecantikan. 

Sedangkan Eksfoliasi Kimiawi, tindakan yang dilakukan dengan mengutamakan bahan-bahan yang lebih bersifat asam seperti aplha hidroxy acid (AHA), beta hidroxy acid (BHA), Lactic acid, citrus acid. Bahan-bahan ini dapat membantu pengelupasan ringan atau sedang, tergantung dari konsentrasi zat yang digunakan di suatu produk. 

3. Mengetahui Waktu Eksfoliasi 

Beda jenis wajah, beda pula waktu yang dianjurkan untuk eksfoliasi : 

a) Jenis kulit normal dan Kering

Eksfoliasi sendiri bisa dilakukan di rumah atau klinik kecantikan. Namun yang harus kamu ketahui bahwa mengeksfoliasi wajah tidak boleh terlalu sering. Buat kamu yang memiliki jenis kulit normal dan kering, waktu yang dianjurkan untuk proses eksfoliasi hanya 2 kali dalam seminggu.  2 kali dalam seminggu dirasa cukup untuk bisa menjaga dan merawat kulit agar tetap cerah. 

b) Jenis Kulit Berminyak dan Kombinasi

Buat kamu yang memiliki kulit wajah berminyak dan kombinasi, disarankan untuk lebih sering melakukan kegiatan eksfoliasi kulit. Bisa dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. 

c) Jenis Kulit Sensitif 

Buat kamu yang memiliki kulit wajah sensitif, eksfoliasi dianjurkan lebih jarang. Bisa seminggu sekali bahkan 2 minggu sekali. 

4. Mengetahui Bahan Kandungan dan alat eksfoliasi untuk Jenis Kulit 

Setelah kamu mengetahui jenis kulit, Kamu harus mengetahui teknik yang akan kamu lakukan baru memilih bahan dan alat yang akan digunakan. 

a) Alat Untuk eksfoliasi 

Buat kamu yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif dan memilih eksfoliasi mekanik, Kamu bisa menggunakan waslap atau kain bersih dengan tekstur lembut. Buat kamu yang jenis kulit berminyak, eksfoliasi mekanik bisa menggunakan sikat lembut khusus wajah, termasuk mesin pemutar scrubbing. Dan buat kamu yang memiliki jenis kulit normal dan kombinasi dapat menggunakan scrub. Scrub tidak dianjurkan untuk jenis kulit sensitif dan kering. 

b) Bahan untuk eksfoliasi 

Buat kamu yang memiliki kulit sensitif, tidak dianjurkan menggunakan produk dengan bahan AHA. Sedangkan untuk jenis kulit kering dan kombinasi diperbolehkan. 

Buat kamu yang memiliki jenis kulit berminyak dan rentan berjerawat, kamu bisa menggunakan produk yang mengandung retinoid, asam salsilat atau asam glikoliat. 

Sedangkan buat kamu yang memiliki wajah sensitif, dianjurkan untuk menggunakan kandungan BHA. 

...

...

Nah, setelah kamu mengetahui informasi hal-hal yang berkaitan dengan ekfoliasi. Kamu bisa mencoba melakukan eksfoliasi minggu ini! 


Tidak ada komentar