Kata Siapa Bikin Soal HOTS Susah? Berlatih Di Guruinovatif.id!

"Anak-anak, silahkan tutup bukunya. Kita mulai kuis Biologi hari ini" 

Mendengar ucapan guru perihal kuis, kelas menjadi riuh suara anak-anak. Ada yang merasa senang namun tak sedikit yang merasa takut. Mereka akan melaksanakan kuis Biologi pada materi Virus hari ini. Kuis berlangsung selama 30 Menit dengan soal pilihan ganda. Setelah membagikan kertas ujian, aku hanya duduk menunggu dan mengawasi anak-anak mengerjakan soal. Terlihat terdapat anak-anak yang senyum-senyum sambil mengerjakan soal, bisa jadi karena mereka mudah mengerjakan soal yang diberikan. Namun tak sedikit memegang bahkan mengerutkan kening seakan perlu konsentrasi yang mendalam. 

Tiga puluh menit telah berlalu, Kertas ujian harus dikumpulkan. Banyak anak-anak yang menarik nafas seakan habis berlari keliling lapangan selama 30 Menit tanpa henti,  Sehingga membuatku penasaran untuk bertanya bagaimana sih soal yang tadi dikerjakan oleh mereka

"Susah engga soalnya?" 

"Apa sih soal HOTS itu?

Tiga tahun kebelakang, HOTS pernah menjadi topik yang hangat dibicarakan oleh pelajar di seluruh Indonesia, tenaga pendidik, dan bidang-bidang terkait seperti Kemdikbud Ristek terutama dalam persiapan Ujian Nasional (UN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Guru yang notabene sebagai tombak keberhasilan siswa tentu dituntut untuk meningkatkan kemampuan siswa menjadi lebih kreatif, inovatif, mampu berpikir tingkat tinggi serta memecahkan masalah. Salah satu cara melatih dan mengetahui apakah siswa mampu berpikir tingkat tinggi dan memecahkan masalah dapat dilakukan dengan pengujian salah satu intrumen yang paling sering digunakan yaitu memberikan soal. 

Sebagai guru kita harus membuat soal dengan 2 kategori. Kategori ini berdasarkan Tingkatan berpikir Taksonomi Bloom. Setiap orang memiliki tingkatan kemampuan berpikirnya masing-masing, mulai dari tingkat rendah /Lower Order Thinking Skill atau LOTS hingga tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills atau HOTS. 

"Emang bedanya apa sih?"

Istilah HOTS pertama kali diperkenalkan oleh Benjamin S. Bloom tahun 1956 melalui buku Taxonomy of Educational Objectives yang menjelaskan tentang tahap pembelajaran kognitif dan dibagi menjadi 6 Tahapan yaitu  Pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi. 

Kemudian, klasifikasi yang dibuat Bloom tersebut selanjutnya mendapat revisi dari David Reading Kratwohl dan Lorin W. Anderson pada tahun 2001. Setelah mendapat revisi, Taksonomi menjadi sedikit berubah dari tingkat yang paling rendah yaitu Pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi berubah menjadi Mengingat (Remember), Memahami (Understanding), Menerapkan (Apply), Menganalisis (Analyze), Evaluasi (Evaluate) dan Menciptakan (Create). Perubahan tersebut dilihat dari yang semula kata benda berubah menjadi kata kerja. 

Setelah melihat perubahan Taksonomi tersebut. Maka kita lihat bahwa kawasan LOTS dan HOTS berbeda. 


LOTS sendiri terdapat pada kawasan C1, C2, C3 yaitu Mengingat, Memahami, Menerapkan. Sedangkan kawasan HOTS terdapat pada kawasan C4, C5, C6 yaitu Menganalisis, Mengevaluasi, dan Mencipta. Nah, kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan mencipta adalah kategori berpikir tingkat tinggi yang harus kita pelajari dalam pembuatan soal HOTS. 

"Sebagian diantara kita sebagai guru mungkin masih ada yang bertanya seberapa penting sih kita harus bisa membuat soal berbasis HOTS?"

Menurut Standar Nasional Pendidikan, guru memiliki peran strategis didalam bidang pendidikan. Jika guru kurang berkualitas dan profesional maka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia juga sulit terwujud. Dengan kata lain, guru merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan hasil pendidikan. Maka itu, untuk menaikan kualitas pendidikan harus dilakukan upaya peningkatan kualitas kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru. Salah satu implementasinya adalah tentang pembuatan soal yang berorientasi HOTS. 

Pada penelitian yang dilakukan oleh H. Mulyono (2018, UNS) dalam penelitiannya yang berjudul Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Critical Thinking Sesuai Kurikulum 2013 Guna Mengakselerasi Education 4.0  yang diterapkan pada 5 Sekolah Dasar di Surakarta dengan jumlah 50 guru menunjukan bahwa kemampuan guru dalam menyusun soal berbasis HOTS masih rendah.  Hal ini ditunjukkan dari data yang menyatakan bahwa masih terdapat 32 guru atau sebesar 64% belum tuntas dalam mengerjakan soal pre test terkait dengan Penyusunan Soal berbasis HOTS di dalam pelaksanaan pembelajaran, atau hanya sekitar 18 guru (36%) yang berhasil lulus. 

Nah, setelah mengetahui pentingnya membuat soal HOTS dan perbedaan kawasan antara LOTS dan HOTS. Pertanyaan baru yang akan muncul tentunya antara lain :

"Bagaimana cara membuat soal HOTS untuk siswa?"

"Adakah trik khusus untuk membuat soal HOTS?" 

"Lagi pandemi nih, ada gak tempat belajar bikin soal HOTS untuk guru?" 

Eittssss.. Jangan khawatir! 

Sekarang guru-guru di seluruh Indonesia bisa mendapatkan ilmu baru dan juga pelatihan bersertifikasi dengan mudah hanya dengan memanfaatkan berbagai Platform Online Learning, salah satunya yaitu Guruinovatif.id yang bertujuan untuk membangun keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan kualifikasi guru  profesional. 

l

Nah Guys! Aku sendiri sebagai pengguna langsung platform belajar daring di guruinovatif.id, aku akan memberikan sedikit banyak gambaran mengenai apa saja sih keuntungan dan fasilitas penggunaan platform belajar yang aku rasakan... 




Kamu bisa dengan sangat mudah mendaftarkan diri di web guruinovatif.id dengan masuk tautan website, Klik Register,  isi seluruh data diri yang dipinta. Sat-sat-sat-set. Selesai deh! Gampang dan mudah banget, kan? Setelah itu, kamu bisa langsung log in dan melihat apa saja pelatihan atau webinar yang ditawarkan di website ini. 




Guruinovatif.id sendiri memiliki beragam jenis program pelatihan untuk guru, antara lain: Online sertification, Mini Course, Productivity Course, dan Live Webinar. 
Nah bedanya apa sih?!
Kamu bisa pilih berbagai pelatihan yang disediakan sesuai yang kamu butuhkan dalam meningkatkan kemampuan mengajar di sekolah. Kalau kamu masih bingung, tenang aja. Disini aku bakal kasih tahu berbagai jenis pelatihannya yang bisa jadi gambaran buat kamu.

      a) Online Sertification 

          Online sertification adalah kursus daring premium bersertifikat 32 Jam Pelajaran yang terdiri dari video pengajaran dengan materi yang terstruktur dari jenjang TK (Taman Kanak-kanak) hingga SMA (Sekolah Menengah Atas) sederajat. Kursus daring premium ini,  kamu bisa investasi mulai dari Rp. 65.000, tapi tenang aja guruinovatif.id suka kasih banyak potongan harga hingga kamu cuma bayar seharga Rp. 11.000 bahkan gratis. Enak kan?

    b) Mini Course 

         Mini course ini adalah program yang membahas topik-topik tertentu seperti PCK ( Pedagogical Content Knowledge) yaitu pengetahuan tentang bagaimana cara untuk mewakili dan merumuskan subjek yang membuatnya dipahami oleh oranglain dan HOTS (Higher Order Thinking Skill) yaitu jenis soal yang dalam pengerjaannya memerlukan kemampuan analisis yang tinggi. 

Nah ini dia.... ! Buat kamu yang pengen tahu banget mengenai "Gimana si HOTS itu, bikin soal HOTS yang benar tuh kayak gimana ya?"  Kamu bisa coba kursus singkat ini. 

Dan......Kamu tahu engga apa lagi yang seru? Kursus singkat ini banyak menawarkan free course alias Kursus Gratis. Jadi bayangin aja kamu bisa belajar atau kursus tapi gak bayar sepersenpun.  Dapat materi, Dapat video dengan kualitas video FHD dan sertifikat hingga 24 jam pelajaran dan paling penting adalah Ilmu yang bermanfaat. 

    c) Productivity Course 

            Program ini ditujukan untuk berbagai keahlian tambahan untuk Guru Indonesia dan program yang ditawarkan di Productivity course banyak disediakan secara GRATIS bahkan paket premiumnya juga banyak memberikan potongan harga. Jadi buat guru-guru di Indonesia yang ingin Produktif dan Kursus, bisa gabung di Pelatihan ini dengan keuntungan yang sangat banyak. 

    d) Online Webinar 

             Online webinar ini bersertifikat 4 Jam Pelajaran yang menghadirkan berbagai ahli dan topik seputar keguruan dan parenting. Bagi kamu yang suka banget ikut webinar keguruan dan juga parenting. Guruinovatif.id ini banyak juga menawarkan tema webinar-webinar menarik. 
Gimana? setelah kamu melihat dan juga menimbang, Pasti kamu udah bisa menentukan pelatihan apa yang dibutuhkan dalam peningkatan skill kan? 

"Nah, sekarang aku mau berbagi rahasia kenapa sih aku jago banget ngejelasin tentang HOTS! "

Beberapa waktu lalu, aku memilih untuk mengikuti  Mini Course dari berbagai tema kursus yang menarik yang disediakan. Pelatihan yang disediakan oleh guruinovatif.id sangat beragam. Terdapat pelatihan gratis hingga berbayar, dari 2 jam hingga 32 jam pelajaran. Nah, beberapa waktu lalu aku mengambil pelatihan yang menarik minatku yaitu melatih HOTS (Higher Order Thinking Skill) IPA dari seharga Rp. 500.000 menjadi Rp. 95.000. Yeay... 



DAN AKU MEMILIH INI

HOTS IPA (SMP/MTS/SMA/MA/SMK)


Pelatihan ini kita akan mendapatkan berbagai keuntungan dan fasilitas antara lain; durasi belajar selama 257 Menit, 1 Dokumen materi, Tugas, 32 jam pelajaran, masa berlaku seumur hidup dan sertifikat pelatihan. 


Cuplikan video (Maaf, setelah di Screeshot berubah gelap)



Kita bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Ada yang manual dan ada yang otomatis. Namun di jaman yang serba instan ini, lebih baik kamu memilih pembayaran secara otomatis. Kamu bisa langsung dapat melakukan transfer ke nomer rekening bank yang bisa dipilih secara otomatis atau cukup memilih via bank, gopay, shopeepay atau Qris. Lalu cukup transfer Dalam 1 x 24 jam, pihak admin akan mengonfirmasi pembayaran dan setelah terkonfirmasi bisa langsung memulai kursus/webinar yang dipilih. Jadi mudah banget untuk urusan bayar-membayar ini. 



Guruinovatif.id oleh HAFECS selaku lembaga yang fokus di bidang transformasi pendidikan memiliki instruktur/ pendidik yang bepengalaman yang telah menguasai materi baik dari dalam maupun luar negeri. Selama mengikuti pelatihan/Mini Course ini, rasanya Keren banget deh! Salah satu alasan yang membuat pelatihan ini keren yaitu bagaimana trainer menyampaikan setiap materi dengan sangat baik. Gaya bahasa yang digunakan sangat lugas sehingga kita memperhatikan dengan baik tanpa ingin melewatkan setiap hal yang disampaikan. Menariknya lagi, setiap apa yang diajarkan - kita benar-benar bisa langsung pratik sehingga jadi lebih mudah memahami. 

Tidak salah bahwa HAFESC telah menyelenggarakan berbagai kegiatan dan sudah merangkul lebih dari 90.000+ guru dan pegiat pendidikan, lebih dari +450 pelatihan, lebih dari 11.000+ sekolah/institusi yang tersebar di lebih dari 450 kota/Kabupaten di Indonesia dengan tujuan memajukan pendidikan kompetensi guru di abad 21. Jadi emang gak salah lagi kalau trainer di guruinovatif.id berpengalaman dibidangnya. 

Kursus di guruinovatif. ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pelatihan yang bersifat fleksibel ini dirancang tanpa menggangu waktu kita dalam bekerja. Bahkan ketika kita sedang berada di dalam cafe, kita juga bisa mengikuti pelatihan sambil menikmati kudapan enak. 


Sebagai guru, kemudahan teknologi ini sebenarnya menyadarkanku bahwa banyak cara dan waktu yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan. Tidak hanya duduk manis sambil menunggu perintah pelatihan atau Diklat dari sekolah, tapi kita bisa mencari strategi dan produktifitas secara mandiri agar kemampuan kita sebagai guru tidak gitu-gitu saja. Guruinovatif.id hadir sebagai salah satu solusi untuk peningkatan kemampuan bagi guru di seluruh Indonesia. 
Kamu masih ragu?

Lihat 3 perwakilan testimoni dari 90.000+ guru telah bergabung mengikuti pelatihan di guruinovatif.id 

"Masih ragu lagi?"
Gimana kalau lihat perbedaan antara soal LOTS dan HOTS ini, yuk! 

Soal LOTS untuk materi Virus.
BIOLOGI SMA KELAS X

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 

1. HIV sebagai penyebab penyakit AIDS akan mengakibatkan orang yang terinfeksi mengalami ... 

    a) Peningkatan Leukosit 
    b) Kerusakan Hati dan Limpa 
    c) Lemahnya sistem Kekebalan Tubuh 
    d) Peningkatan Trombosit 
    e) Rusaknya sistem saraf


Soal HOTS untuk materi Virus 

Pahamilah soal berikut ini dan pilihlah jawaban yang paling tepat! 

1. Salah satu bentuk transmisi penularan virus HIV adalah kontak darah dengan ODHA (Orang Dengan HIV-Aids) bertemu dengan darah bukan ODHA. Maka, salah satu pencegahan untuk penularan virus ini adalah mensterilkan alat cukur tajam sebelum digunakan karena jika darah ODHA tertinggal pada pisau cukur dan pisau cukur melukai wajah bukan ODHA (darah bertemu darah) akan terjadi kemungkinan penularan virus tersebut. Dari deskripsi di atas, manakah menurutmu yang menularkan HIV ?

    a) Nyamuk menggigit penderita ODHA dan nyamuk tersebut hinggap ditanganmu
    b) Menggunakan bekas piring, sendok, gelas bekas ODHA 
    c) Menggunakan toilet yang sama yang sebelumnya digunakan oleh ODHA 
    d) Berpelukan dan bergandengan tangan dengan ODHA 
    e) Penderita ODHA berciuman dengan bukan ODHA dan terdapat darah pada Gusi penderita ODHA


"Dapatkah kamu membandingkan antara soal LOTS dan HOTS diatas?"

"Dapatkah kamu menjawab soal diatas?

" Dapatkah kamu membuat soal LOTS dan HOTS?

"Apakah kamu sudah mengikuti lebih dari 20 pelatihan di tahun 2021 ini?" 

 

Jika jawabannya adalah BELUM. 

Gabung pelatihan dan kursusnya di WWW.GURUINOVATIF.ID!





Sumber : 

1. www.guruinovatif.id
2. www.eprints.uns.ac.id/Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Critical Thinking Sesuai Kurikulum 2013 Guna Mengakselerasi Education 4.0.




Thankyouuu :) 

2 komentar

  1. kerenn... sangat menginspirasi guru guru muda untuk terus semangat dan berjiwa pejuang yang sangat dibutuhkan negeri ini. terima kasih Miss Ririn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak, Mari bersama-sama meningkatkan kompetensi guru lebih baik lagii :)

      Hapus