Destinasi Di Kawasan Geopark Cileteuh


Halo semua! Apa kabar? Sudah lama rasanya jemari-jemari ini tidak berkelana di Blog ini. Saking lamanya dan tidak dipedulikan sehingga membuat Blogku ganti nama domain dari yang sebelumnya www.soraikarsa.com menjadi www.haloririn.com. Semoga dengan bergantinya domain ini aku bisa lebih rajin lagi menulis dan dapet endorse yaaa!  HAHA. 

Oh iya, mumpung masih suasana lebaran nih, aku mau ngucapin : 

Selamat hari raya idul fitri, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah dan kita masih dipertemukan dengan Ramadhan tahun depan ya. Aamiin. 

Libur lebaran kali ini aku mau berbagi pengalaman eksplorasi ke salah satu tempat seru bernuansa alam di daerah Sukabumi. Eksplorasi ini hanya satu hari-an saja yang ditempuh dari subuh hingga balik lagi ke Tangerang Selatan dini hari. Nah tempat itu adalah GEOPARK CILETEUH. Mungkin diantara kalian yang membaca postingan ini ada yang penasaran ingin mengunjungi tempat ini, semoga bisa memberikan sedikit bayangan ya. Cekedot. 

GEOPARK CILETEUH

  • Perjalanan
Kami berangkat dari Tangerang Selatan. Perjalanan menuju Sukabumi kurang lebih 5 jam. Kami berangkat dari subuh untuk menghindari macet libur lebaran dan tiba di lokasi kira-kira pukul 9 pagi. Masuk kawasan Geopark Cileteuh, perjalanan akan mulai menanjak dan berkelok. Beberapa bagian jalan sedikit curam. Kami naik kendaraan mobil pribadi dan menurutku harus orang-orang yang jago menyetir untuk kesini. HAHA. Namun banyak juga para pengendara motor dari plat B dan F yang mengunjungi kawasan ini. Selama perjalanan, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang lengkap. Warga Cileteuh lebih senang menyebutnya kawasan GURILAPS yaitu Gunung, Rimba, Laut, Pantai, dan Sungai. 



  • Sekilas Informasi Mengenai Geopark Cileteuh
Geopark Cileteuh ini merupakan sat-satunya Geopark di Jawa Barat yang diresmikan oleh UNESCO menjadi Global Geopark Network pada 12 April 2018. Dinamai Geopark Cileteuh  karena berasal dari bebatuan purba yang umurnya sudah ribuah juta tahun. Arti Geopark sendiri jika dipisah, Geo artinya batu dan Park yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Taman. Jadi Geopark dikenal dengan penjelasan taman batu bumi dari dasar laut yang naik ke atas permukaan yang sudah berumur ribuan juta tahun, sedangkan asal usul nama Cileteuh diambil dari nama sungai yaitu Ci yang berarti air dan Leteuh yang berarti Keruh. Jadi, Cileteuh berarti air yang keruh. 

  • Wisata Yang Dikunjungi

Destinasi di kawasan Geopark Cileteuh ini begitu banyak. Diawal dikatakan bahwa Geopark Cileteuh ini kawasan Gurilaps yaitu Gunung, Rimba, Laut, Pantai dan Sungai. Namun dikarenakan keterbatasan waktu maka hanya sekitar 5 tempat yang kami kunjungi. 

PUNCAK DARMA 

Puncak Darma ini salah satu dataran tinggi di kawasan Geopark Cileteuh. Letaknya berada di ketinggian 230 meter dari permukaan laut (Mdpl) yang mana kalian bisa lihat berbagai pemandangan dari atas Puncak Darma ini seperti Teluk Cileteuh yang bentuknya seperti tapal kuda. Masuk ke kawasan ini kalian akan dikenai biaya Rp. 3000 untuk melihat kawasan Cileteuh yang indah dari atas. 


 Curug Cimarinjung 

Setelah menikmati suasanya di Puncak Darma dan duduk sambil beristirahat di sana. Kalian bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Cimarinjung. Jaraknya tidak terlalu jauh yaitu sekitar 10 menitan dengan kendaraan bermotor. Curug Cimarinjung ini letaknya terpencil. Jadi setelah kita parkir kendaraan, kita akan berjalan dalam jalan setapak untuk melihat curug Cimarinjung ini. 

Air di Curug ini sangat deras, jadi seluruh wisatawan diimbau untuk tidak bermain di sekitar air terjun. Airnya keruh dan deras. Jadi ketika kalian mendekati kawasan curug ini maka kalian akan kena cipratan air terjun yang mengenai bebetuan besar dibawahnya. 


 Curug Sodong dan Curug Cikanteh 

Setelah mampir ke Curug Cimarinjung, lanjut lagi mampir ke Curug Sodong dan Curug Cikanteh. "Kenapa aku gabungin Curug Sodong dan Curug Cikanteh?" Sebab dua curug ini masih berada di kawasan yang sama. Curug Sondong berada pada area bawah dan Curug Cikanteh berada di atasnya. 

Curug sodong memiliki dua air terjun yang berdampingan seperti pasangan. Kawasan ini juga tidak boleh berenang karena arusnya sangat deras. Oh iya, Bapak guide kami bercerita bahwa beberapa tahun lalu terdapat sepasang muda-mudi yang nekat berenang di curug Sodong ini.  Mereka tenggelam dan terbawa arus deras curug ini. Seluruh tim SAR dan kuncen-kuncen dikerahkan untuk menemukan pasangan ini. Akhirnya pada lepas Ashar si pria ditemukan dan lepas Maghrib diikuti ditemukannya si perempuan. Hal tersebut menandakan memang sebegitu derasnya daerah Curug Sodong ini. 


Setelah puas foto-foto di kawasan Curug Sodong ini. Kita akan bersiap untuk menempuh perjalanan mendaki sekitar 15 menit ke kawasan Curug Cikanteh yang engga kalah indahnya. Menempuh curug Cikanteh ini kita akan melalui tangga, jembatan kayu dan jalan menyusuri pinggir sungai. 

Setelah berjalan yang sedikit melelahkan, kita akan menemui Curug indah diantara pepohonan. Pemandangan air terjun ini sangat indah dan memukau. Duduk-duduk sambil memandangi air jatuh ciptaan Tuhan yang mengagumkan. 



PANTAI PALAMPANG 

Setelah berlelah-lelah di kawasan Curug-curug. Salah satu destinasi yang bisa kalian kunjungi adalah kawasan pantai dan laut di daerah Sukabumi. Pantai yang masih dalam kawasan Geopark Cileteuh ini adalah Pantai Palampang. 

Pantai Palampang memiliki hamparan pasir putih yang panjang dan dikelilingi oleh bukit-bukit hijau. Ombak di pantai Palampang ini juga tidak terlalu besar jadi cocok bagi kalian yang mau berenang. Oh iya, masuk ke pantai ini dikenai Rp. 5000. Semoga pantai ini selalu dijaga ya kebersihannya. 



...

Nah, segitu aja yaa yang bisa aku cerita di postingan blog edisi traveling kali ini. Semoga bisa menjelajah ke banyak tempat lagi. Ada hal yang harus dikurangi yaitu rasa mager untuk menulis. HEHE. Semoga next aku bisa lebih banyak sharing  disini yaa. Terima kasih teman-teman yang sudah mampir. 

Bagi kalian yang suka trekking dan eksplore tempat-tempat alam yang indah. Geopark Cileteuh bisa jadi salah satu destinasi yang aku rekomendasikan. Jadi jangan ragu yang untuk membantu mengenalkan bahwa Indonesia itu indah. Aku kasih sedikit video yaa trekking di kawasan curug di Geopark Cileteuh. 

Segitu saja ya dulu, terimakasih semuanya.. 

Salam. 

Tidak ada komentar