Referensi Tempat Seru : Rumah Atsiri di Sarinah

Minggu lalu, kami mengunjungi salah satu tempat yang bisa menambah pengalaman dan pengetahuan perihal tanaman dan minyak atsiri. Minyak atsiri sendiri sebenarnya merupakan senyawa yang di ekstrak dari bagian tumbuhan yang telah melalui proses penyulingan. 

Jika kalian tertarik pada wewangian dan ekstrak atsiri ini. Indonesia sendiri memiliki Rumah Atsiri Indonesia yang berada di Desa Plumbon, Tawangmangu, Karanganyar. Tempat ini dulunya sebagai bekas pabrik minyak wangi yang diinisiasi Presiden Soekarno tahun 1963 dan sekarang dijadikan sebagai edu-wisata atsiri. 

Namun, jika tidak bersempat datang mengunjungi Rumah Atsiri di Tawangmangu. Kita bisa mencoba untuk eksplorasi di Rumah Atsiri diSarinah yang engga kalah seru. Rumah Atsiri diSarinah ini sudah beroperasi sejak Juni tahun 2022 di Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat. 


Kalian tinggal naik saja ke lantai 5 dan langsung menemui Rumah Atsiri diSarinah. Harga tiket masuknya adalah Rp. 45.000 untuk setiap harinya. Tiket hanya bisa dibeli langsung di tempatnya. Dengan tiket Rp. 45.000 itu kamu bisa membeli produk di dalam Rumah Atsiri diSarinah ini dan mendapat potongan harga Rp. 15.000 dari harga tiket masuk. 

Lalu apa saja sih yang bisa kalian temukan di Rumah Atsiri diSarinah ini?

Banyak hal yang bisa kalian eksplorasi di sini. Kita sebagai pengunjung akan diberi waktu selama kurang lebih 15-20 menit untuk menikmati museum mini Atsiri ini. Setelah membayar tiket masuknya, kita akan memindai barcode yang berisi kuis untuk mengetahui warna aura. Selanjutnya kita akan masuk ke dalam secara berkelompok dan mengelilingi museum ini dengan dipandu oleh Host/Guidenya. 

Lalu apa saja sih yang bisa kita eksplorasi di dalam museum mini atsiri ini?


1. Teknik Penanaman Kokedama 

Kokedama sendiri merupakan teknik menanam dari Jepang yaitu menempatkan tanaman dalam bola tanah yang kemudian membungkusnya dengan moss (lumut) lalu mengikatnya dengan tali. Teknik menanam ini unik karena tidak menggunakan  pot. 

Kokedama secara bahasa adalah gabungan dari kata Koke dan Dama. Koke artinya moss atau lumut. Dama artinya bola. Jadi secara bahasa Kokedama berarti Bola Lumut. 

Kokedama ini bisa menjadi inpirasi untuk kalian yang suka bertanam di rumah. Kokedama memiliki perawatan yang praktis dan tidak menyita tenaga. Terpenting, jauhkan kokedama dari sinar matahari langsung dan jaga agar tetap terhidrasi karena rentan terhadap kekeringan. 


2. Video Mapping 

Nah, buat kamu yang suka segala sesuatu yang berwarna-warni. Atsiri diSarinah menampilkan Video Mapping. Video mapping merupakan bentuk video 100+ tanaman yang ada di Rumah Atsiri di Tawangmangu. Terdapat Sereh, Cendana, Pathouli, Papermint dan sebagaimnya. Buat kalian yang suka berfoto, tempat ini cocok untuk kalian jadikan latar berfoto. 


3. Bola Aroma Tanaman Atsiri 

Bola Aroma di Rumah Atsiri ini merupakan bola-bola yang kenyal disimpan dalam kaca bening sebagai ruangannya. Bola-bola inilah yang akan menyimpan dan melepaskan sebagian aroma khas dari berbagai minyak atsiri, contohnya : Sereh wangi. Ketika kalian megoleskan kertas yang tersedia pada bola aroma, kalian akan merasakan wewangian atsirinya. 


4. Visualisasi Aura 

Visualisasi aura merupakan tempat yang akan menampilkan aura kita berdasarkan kuis yang telah diisi saat awal masuk tadi. Visualisasi ini juga dapat mendeteksi gerakan tangan sehingga saat kita menggerakan tangan seakan sedang memainkan warna-warna aura kita. 

Pertama kita tinggal memindai barcode aura kita, kemudian pergi kearah dinding aura. Saat kita mulai menggerakan tangan, maka aura kita akan mengkuti arah tangan begerak. 


5. Atsiri Shop 

Setelah berkeliling sekitar 10 menit, kita akan sampai pada tempat terakhir yaitu Atsiri Shop. Atsiri shop ini menyediakan banyak produk-produk dengan bahan dasarnya dari Atsiri sendiri. Kita bisa membuat Hand sanitizer, body oil, Head to toe- Gentle wash, Lilin, pakaian dll. 

Kita juga bisa mencium berbagai aroma minyak atsiri dan membuat produk kita sendiri sesuai dengan aura kita. Harganya berbeda-beda setiap banyaknya kandungan yang digunakan. Jika tidak membeli tidak apa-apa, kita dapat merasakan berbagai ekstrak tanaman disana. 

Jadi, ini bisa loh jadi tempat seru buat mengenal dan tahu sedikitnya tentang minyak atsiri. 


1 komentar

  1. Ohh jadi gitu ya foto yang bener, makasih kak 🙏🏻

    BalasHapus